Ini Dia Enam Sunga Terpendek Yang Ada Di Seluruh Dunia

Sahabat Saya Sekalian | Sungai merupakan suatu aliran air yang besar dan memanjang, yang mengalir secara terus-menerus dari hulu atau sumber, menuju hilir atau muara. Ada juga sungai yang terletak di bawah tanah, yang disebut juga sebagai 'underground river'.

Secara umum, aliran sungai seringkali dimanfaatkan sebagai aliran air irigasi, oleh para petani untuk mengairi sawah-sawahnya. Dan secara umum irigasi memiliki arti, sebagai usaha penyediaan dan pengaturan air, untuk menunjang proses pertanian. 

Kembali lagi kepada pembahasan awal tentang sungai, bahwa biasanya sungai-sungai yang kita kenal, memiliki ukuran yang sangat panjang. Bahkan kita juga mungkin pernah mendengar, tentang sungai-sungai terpanjang di dunia, sebut saja sungai Nil. Namun ternyata, aliran sungai tidak selamanya panjang dan juga deras. Pasalnya, beberapa sungai di dunia ini, masuk dalam kategori sebagai sungai terpendek, yang ada di seluruh dunia. Lalu sungai apa sajakah itu?.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa sungai yang terbilang paling pendek di dunia. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai sungai apa sajakah yang memiliki ukuran terpendek di dunia?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Ini Dia Enam Sungai Terpanjang Yang Ada Di Seluruh Dunia

- Sungai Reprua

Ini Dia Enam Sunga Terpendek Yang Ada Di Seluruh Dunia

Sungai Reprua, merupakan salah satu sungai terpendek di Dunia, yang memiliki panjang hanya 18 meter saja. Sungai satu ini terletak di Distrik Gagra, Abkhazia, republik separatis di Georgia. Sungai Raprua ini, berhulu dari mata air yang ada di Karst Gua Voronya, dan bermuara di Laut Hitam. Kemungkinan sungai ini, merupakan sungai terpendek di dunia, yang memiliki nama.

- Sungai Tamborasi

Ini Dia Enam Sunga Terpendek Yang Ada Di Seluruh Dunia

Sungai Tamborasi, merupakan sungai terpendek kedua di dunia, setelah sunga Reprua. Sungai ini berada di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Panjang sungai Tamborasi, hanya mencapai 20m, dengan lebar mencapai 15m saja. Sungai Tamborasi ini, tidak nampak seperti sebuah sungai, namun lebih mirip sebuah danau.

- Sungai Ombla

Ini Dia Enam Sunga Terpendek Yang Ada Di Seluruh Dunia

Sungai Ombla merupakan sungai, dengan panjang yang hanya mencapai 30m. Sungai satu ini, berada di negara Kroasia, dengan aliran yang tidak begitu deras. Air dari sungai Ombla ini berwarna biru, sehingga mampu menciptakan keindahan tersendiri, yang bisa dirasakan oleh para pengunjungnya.

- Sungai Roe

Ini Dia Enam Sunga Terpendek Yang Ada Di Seluruh Dunia

Sungai Roe berada di Montana, Amerika Serikat, dan merupakan sungai terpendek di negara tersebut. Sungai Roe ini berhulu di mata air Giant Spring, dan bermuara di sungai Misspuri. Panjang sungai ini, hanya sekitar 61m saja, dengan kedalaman sekitar 1.8 hingga 2.4m.

- Sungai 'D'

Ini Dia Enam Sunga Terpendek Yang Ada Di Seluruh Dunia

Sungai D menjadi salah satu sungai terpendek di dunia, karena memiliki panjang hanya sekitar 134m saja, yang mengalir dari danau Devils, dan bermuara di Samudra Pasifik. Sungai satu ini berada di Lincoln City, Amerika Serikat. 

- Sungai 'E'

Ini Dia Enam Sunga Terpendek Yang Ada Di Seluruh Dunia

Sungai E merupakan sungai yang berada di dataran tinggi Skotlandia, Inggris. Sungai satu ini, hanya memiliki panjang 6 mil saja, yang bermuara di Loch Mohr. Sungai E ini, mengalir dari Barat Laut Monad Liath, ke Tenggara Loch Nes.

Baca Juga : Berikut Tujuh Sungai Paling Unik Yang Ada Di Seluruh Dunia

Itulah ulasan mengenai enam sungai terpendek di dunia, sahabat sekalian. Meski memiliki ukuran yang relatif pendek, bila dibandingkan dengan sungai-sungai pada umumnya, namun justru itulah yang membuat mereka sangat menarik. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.kitabagiinfomasi.com/2016/10/6-sungai-terpendek-di-dunia-tahun-2016.html

www.unikspot.com/2015/05/7-sungai-terpendek-di-dunia.html

Subscribe to receive free email updates: