Inilah Tujuh Deretan Film Indonesia Yang Mendunia

Sahabat Saya Sekalian | Film merupakan serangkaian gambar, yang diambil dari objek yang bergerak. Gambar objek tersebut, kemudian diproyeksikan pada sebuah layar, dan diputar dalam kecepatan tertentu, sehingga menghasilkan gambar hidup.

Muatan atau pesan film pada komunikasi massa, dapat berbentuk apa saja, tergantung dari misi film tersebut. Akan tetapi, umumnya sebuah film dapat mencakup berbagai pesan, baik itu pesan pendidikan, hiburan, dan juga informasi.

Namun ketika berbicara mengenai film-film yang mendunia, maka Hollywood mungkin bisa disebut sebagai rajanya. Akan tetapi tahukah kamu, bahwa ternyata tidak hanya film-film asal Holywood saja, yang bisa sukses dikancah internasional. Beberapa film asal Indonesia, juga mendapat apresiasi di mata dunia.

Karya anak bangsa ini, mendapat respon yang postifi dari negara-negara luar, serta sukses meraih beragam penghargaan bergengsi. Kemudian timbul pertanyaan, film apa saja yang dimaksud?. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa film hasil karya anak bangsa yang berhasil dikenal dunia internasional.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai film Indonesia apa sajakah, yang berhasil mendunia dan mendapatkan beragam penghargaan tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Inilah Lima Film Horor Paling Menyeramkan Sepanjang Tahun 2016

- Film Daun Di Atas Bantal 1998

Inilah Tujuh Deretan Film Indonesia Yang Mendunia

Film Daun di Atas Bantal, merupakan salah satu film, hasil karya seorang Garin Nugroho. Tema yang diangkat dalam film ini, adalah kehidupan Asih dengan ketiga anaknya, yang hidup di jalanan. Asih sendiri, diperankan oleh artis senior Indonesia, yaitu Christine Hakim. Pada tahun yang sama, film Indonesia ini memenangkan penghargaan, di Asia Pasific Film Festival.

- Film Laskar Pelangi 2008

Inilah Tujuh Deretan Film Indonesia Yang Mendunia

Film selanjutnya, yang bisa diperhitungkan di dunia perfilman internasional, ialah film Laskar Pelangi. Film ini sendiri, berdasarkan pada novel yang berjudul sama, hasil karya Andrea Hirata. Film Laskar Pelangi, memenangkan beragam penghargaan, baik nasional maupun internasional. Seperti halnya HIGNIS Award dalam Hong Kong International Film Festival, dan Golden Butterfly Award di Iran.

- Film Merantau 2009

Inilah Tujuh Deretan Film Indonesia Yang Mendunia

Film Indonesia lain, yang masuk dalam jajaran film berkualitas di dunia, ialah film Merantau. Film ini mengusung Iko Uwais, seorang laki-laki dari Minangkabau, yang sangat ahli bermain silat. Sebagai bagian dari tradisi, dia diharuskan untuk meninggalkan keluarganya, demi mencari eksistensi dirinya di kota Jakarta. Film ini, memenangi Jury Award for Best Film pada ActionFest, di North Carolina pada tahun 2010 lalu.

- Film Sang Pemimpi 2010

Inilah Tujuh Deretan Film Indonesia Yang Mendunia

Film Sang Pemimpi, ialah sekuel kedua dari film Laskar Pelangi. Film ini pun tak kalah hebatnya, karena bisa memenangkan tiga Castle Award dalam Castellinaria International Film Festival, yanf diselenggarakan di Swiss. Selain itu, Sang Pemimpin pun memenangkan penghargaan lain, di Singapura dan Italia.

- Film The Raid 2011

Inilah Tujuh Deretan Film Indonesia Yang Mendunia

Film action yang patut diperhitungkan, ialah film The Raid. Bisa dibilang, film Indonesia inilah yang meraih paling banyak apresiasi, dari dunia film internasional. Film ini dibintangi oleh Iko Uwais, dengan sutradara yang sama dengan film Merantau, yaitu Gareth Evans. Salah satu penghargaan, yang diraih oleh film The Raid ini, ialah Audience Award dan Dublin Film Critics Circle Best Film pada 2012, di ajang Festival Film Internasional Dublin Jameson.

- Film Modus Anomali 2012

Inilah Tujuh Deretan Film Indonesia Yang Mendunia

Film asal Indonesia lainnya, yang mendapatkan penghargaan dunia internasional, adalah film Modus Anomali. Film ini sanggup menyita perhatian dunia, sehingga meraih Bucheon Award dari Network of Asian Fantastic Film. Film Modus Anomali ini disutradarai oleh Joko Anwar. Film yang berkisah tentang seorang suami, yang mencari keluarganya setelah terpisah dari istri dan dua anaknya, saat sedang berlibur di sebuah kabin di hutan.

- Film Jalanan 2013

Inilah Tujuh Deretan Film Indonesia Yang Mendunia

Film Jalanan pun tak kalah saing dalam mencuri perhatian dunia. Meskipun di Indonesia film ini kurang begitu terkenal, ternyata film ini berhasil meraih Macenat Award di Pusan International Film Festival, pada tahun 2013. Selain itu, film ini juga memperoleh Magnolia Award di Shanghai International TV Festival, pada tahun 2014 lalu. Film Jalanan yang disutradarai Daniel Ziv ini, juga memenangkan penghargaan lain, di Melbourne International Festival Film dan Edmonton International Festival Film.

Baca Juga : Inilah Lima Film Bergenre Action Paling Seru Sepanjang Tahun 2016

Itulah ulasan mengenai tujuh film Indonesia yang berhasil mendunia, dan meraih beragam penghargaan di dunia perfilman internasional, sahabat sekalian. Jadi, kita harus berbangga diri dengan film hasil karya anak bangsa, karena film-film tersebut juga memiliki kualitas, yang tidak kalah dengan film-film luar. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.ngonoo.com/2015/08/100342/10-film-indonesia-yang-pernah-mendunia-dan-mendapatkan-penghargaan-internasional

Subscribe to receive free email updates: