Berikut Enam Jenis Alergi Paling Aneh Di Dunia Yang Jarang Diketahui

Sahabat Saya Sekalian | Alergi, merupakan sebuah reaksi sistem imun tubuh yang berlebihan, terhadap sesuatu yang masuk ataupun bersentuhan dengan tubuh kita. Reaksi yang ditimbulkan, umumnya ialah rasa gatal di kulit, terbakar, atau bahkan sesak napas. Mungkin alergi dapat digolongkan, sebagai suatu hal normal, yang bisa dialami oleh siapa saja. 

Setelah mengetahui tubuhnya memiliki alergi terhadap suatu hal tertentu, seseorang dapat mencegah alergi tersebut muncul, dengan cara menghindari interaksi tubuhnya, terhadap pemicu alerginya (alergen) tersebut. Misalnya saja, bila seseorang memiliki alergi terhadap bulu binatang, ia dapat menghindari interaksi dengan binatang, guna mencegah alerginya kambuh.

Namun ternyata, di dunia ini ada pula jenis alergi, yang terbilang cukup aneh. Pasalnya, alergen yang harus dihindarinya merupakan hal yang cukup sulit, untuk dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa jenis alergi paling aneh yang dapat diderita oleh manusia.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai alergi-alergi apa sajakah yang terbilang paling aneh, yang bisa di derita oleh seseorang?. Berikut ini ulasannya :



Baca Juga : Berikut Tujuh Fobia Paling Unik Di Dunia Yang Jarang Diketahui

- Alergi Terhadap Air

Alergi yang terbilang sangat langka ini, disebut dengan Aquagenic Urticaria. Biasanya penderita alergi satu ini, akan merasa gatal-gatal, lalu timbul bintik-bintik merah, perih, serta luka pada kulit, dalam kurun waktu lima menit setelah melakukan kontak dengan air. 

Penyebab dari alergi ini, masih membuat para dokter bingung, akibatnya pengobatannya pun belum ditemukan. Hal ini membuat penderitanya, sulit untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan air, seperti halnya mandi dan berenang. Untungnya, para penderita alergi jenis ini, biasanya masih bisa menenggak air putih, dan jenis minuman lainnya.

- Alergi Terhadap Olahraga

Meskipun alergi ini, terlihat seperti alasan bagi mereka yang malas berolahraga, namun ternyata orang yang menderita alergi olahraga benar adanya. Alergi itu disebut Exercise Urticaria. Penderitanya akan mengalami atal-gatal, bentol, mual, dan muntah, Dan tatkala situasinya sudah parah, mereka bisa syok dan harus diberi suntikan epinefrin.

- Alergi Terhadap Sinar Matahari

Berbeda dengan kulit yang terbakar matahari, bagi penderita alergi matahari, paparan sinar matahri bisa membuat kulit mereka terluka. Meskipun efeknya, masih dapat dikurangi dengan Antihistamin dan steroid alergi, para penderita alergi ini tetap tak bisa terkena sinar matahari terlalu lama. Jadi mereka tidak bisa melakukan kegitana, seperti halnya berjemur di pantai.

- Alergi Terhadap Teknologi

Di masa seperti saat ini, mungkin menghindari teknologi seperti Smartphone, Wi-Fi ataupun Televisi, merupakan hal yang sulit dilakukan. Namun bagi orang yang menderita Electrosensitivity, mau tak mau mereka harus berjauhan dari benda, yang mengandung elektromagnetik.

Hal tersebut dikarenakan, hal tersebut menyebabkan mereka mengalami migrain, nyeri pada dada, dan timbul ruam di kulit. Orang dengan Electrosensitivity harus waspada dengan benda-benda, seperti halnya ponsel atau Microwave.

- Alergi Terhadap Sepatu

Sepatu yang dimaksud di sini, ialah sepatu yang berbahan kulit. Alergi ini, sebenarnya dipicu oleh senyawa kimia, yang digunakan dalam pengolahan kulit, yang nantinya digunakan untuk membuat sepatu. Tipe alergi satu ini juga, termasuk kedalam kategori alergi Contact Dermatitis.

- Alergi Terhadap Cokelat

Alergi terhadap cokelat dapat dipicu oleh, bahan utama pembuatan cokelat tersebut, takni biji cokelat dan bahan campuran lainnya. Gejala umum yang terjadi, akibat alergi terhadap cokelat ini, biasanya berupa sakit kepala, ruam di kulit, mulas, gatal, hingga masalah pernapasan.

Baca Juga : Lima Manusia Berikut Miliki Kondisi Tubuh Yang Terbilang Aneh

Itulah ulasan mengenai enam jenis alergi aneh yang bisa di derita oleh seseorang, sahabat sekalian. Pernahkah kamu mengalami sesuatu yang kurang mengenakan, selepas melakukan ataupun mengonsumsi sesuatu?. Jika pernah, sebaiknya kamu memeriksakan diri sesegera mungkin ke dokter, karena bisa jadi kamu mengidap alergi tertentu. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

health.kompas.com/read/2013/06/26/1447510/10.Jenis.Alergi.Paling.Aneh

www.palingseru.com/4857/10-alergi-paling-aneh-yang-dialami-manusia

Subscribe to receive free email updates: