Berikut Lima Jenis Semut Paling Berbahaya Di Seluruh Dunia

Sahabat Saya Sekalian | Semut merupakan hewan sejenis serangga, yang termasuk dalam anggota family Formicidae, dari bangsa Hymenoptera. Di dunia ini, terdapat kurang lebih 12.000 jenis atau spesies semut, yang sebagian besar diantaranya hidup di daerah tropis. Kebanyakan jenis semut, dikenal sebagai serangga sosial dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, dan beranggotakan ribuan semut setiap koloninya.

Anggota koloni semut sendiri, terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Namun, bisa juga terdapat kelompok semut penjaga, di dalam sebuah koloni semut. Meskipun ukuran tubuhnya relatif kecil, namun semut termasuk hewan yang memiliki kekuatan, yang paling besar di dunia ini. 

Semut jantan, diketahui dapat menopang beban mencapai lima puluh kali lipat, lebih berat dari tubuhnya sendiri. Bisa kamu bandingkan dengan gajah, yang hanya bisa menopang beban, hanya dua kali lebih berat dari tubuhnya sendiri. Hanya kumbang badak yang mampu menyaingi kekuatan semut, dimana kumbang ini dapat menopang beban mencapai 850 kali lipat, lebih berat dari tubuhnya sendiri.

Selain itu, meskipun memiliki tubuh yang terbilang kecil, namun semut juga memiliki gigitan yang cukup menyakitkan. Ada beberapa jenis semut, yang memiliki gigitan cukup berbahaya, bahkan sampai dapat mengancam nyawa. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa jenis semut paling berbahaya di dunia.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, tentang jenis-jenis semut apa sajakah yang memiliki gigitan paling berbahaya tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Inilah Tujuh Hewan Dengan Sengatan Paling Menyakitkan Di Dunia


- Semut Siafu

Berikut Lima Jenis Semut Paling Berbahaya Di Seluruh Dunia

Semut Siafu ini, disebut juga sebagai Semut Tentara. Semut Driver, atau Dorylus. Semut satu ini memiliki gigitan yang sangat menyakitkan. Semut jenis ini tidak membuat sarang, kecuali ditempat ratunya bertelur. Semut ini juga bergerak dengan sangat cepat, dan memiliki sifat kanibal, dimana koloni semut ini dapat memakan cacing, kumbang, kadal, ular, dan lain sebagainya.

-  Semut Api

Berikut Lima Jenis Semut Paling Berbahaya Di Seluruh Dunia

Semut jenis ini, dikenal sebagai salah satu semut paling agresif. Mereka tidak akan menyerangmu, kecuali jika kamu, yang terlebih dahulu mengganggu koloninya. Sengatan atau gigitan dari Semut Api, dapat meninggalkan peradangan atau pembengkakan, di bagian yang tergigit. Dan akan sembuh, dalam waktu sekitar satu bulan, atau bahkan lebih.

- Semut Florida Harvester

Berikut Lima Jenis Semut Paling Berbahaya Di Seluruh Dunia

Semut jenis ini, akan memanen benih-benih dalam tanaman, dan menyimpannya di bawah tanah. Semut ini dapat mengupas benih, dan biasanya mereka melakukannya, sebelum menyimpan benih-benih tersebut. 

Semut Florida Harvester ini, terbilang sebagai jenis semut yang cukup cerdas, dimana mereka akan membuang keluar sarang benih-benih yang basah, dengan tujuan agar benih tersebut tidak tumbuh dan menghancurkan sarang mereka. Namun kamu perlu hati-hati pada semut satu ini, karena gigitannya dapat menyebabkan kulit menjadi merah, berair, dan menyebabkan sekresi pada kulit.

- Semut Banteng

Berikut Lima Jenis Semut Paling Berbahaya Di Seluruh Dunia

Semut ini merupakan semut karnivora paling agresif di dunia. Semut Banteng memiliki banyak sekali jenis, seperti halnya Semut Redbull, Semut Bulldog, dan Semut Jumping Jack. Jenis semut satu ini, biasanya dapat ditemukan di Australia. Jangan sampai kamu tertidur di dekat sarang Semut Banteng, karena gigitannya sangat menyakitkan, bahkan dapat mengundang kematian.

- Semut Peluru

Berikut Lima Jenis Semut Paling Berbahaya Di Seluruh Dunia

Semut Peluru hidup di dalam hutan hujan, yang ada di Amerika Tengah. Semut jenis ini memiliki beberapa variasi warna, mulai dari hitam, coklat, dan merah, serta memiliki karakter kaki yang berbulu. Sengatannya sangat menyakitkan. Bahkan gigitan atau sengatannya, terasa bagaikan ditembus oleh peluru, selain itu dapat menyebabkan kejang pada otot.

Baca Juga : Inilah Enam Hewan Menggemaskan Namun Ternyata Sangat Berbahaya

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai lima jenis semut paling agresif di dunia. Semut-semut ini memiliki gigitan yang sangat menyakitkan, sehingga mereka termasuk kedalam jenis semut, yang sangat berbahaya. Maka dari itu, ada baiknya kamu menghindarinya saat melihat mereka. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.katasaya.net

Subscribe to receive free email updates: