Inilah Enam Gejala Fisik Yang Dapat Ditimbulkan Oleh Gangguan Mental Histeria

Sahabat Saya Sekalian | Histeria merupakan gangguan mental, yang timbul dari kecemasan intens. Pada awalnya orang-orang beranggapan, bahwa yang dapat menderita penyakit ini, hanyalah kaum wanita. Akan tetapi kemudian pendapat itu berudah, setelah Freud menemukan bahwa pria pun, dapat menderita penyakit ini.

Seperti gangguan jiwa lainnya, Histeria juga terjadi akibat ketidakmampuan seseorang, dalam menghadapi kesukaran-kesukaran, tekanan perasaan, kegelisahan, kecemasan, dan pertentangan batinnya. Dalam menghadapi hal-hal tersebut, ia tidak mampu menghadapinya dengan cara yang wajar, sehingga melepaskan tanggung jawab, dan lari secara tidak sadar kepada gejala-gejala Histeria.

Kemudian timbul pertanyaan, apa sajakah yang termasuk kedalam gejala-gejala Histeria. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa gejala yang timbul akibat gangguan Histeria ini. Yang mana gejala-gejala yang dimaksud merupakan gejala fisik.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai gejala apa sajakah yang termasuk gejala fisik, dari gangguan mental Histeria tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Inilah Enam Gejala Fisik Yang Dapat Ditimbulkan Oleh Gangguan Mental Histeria

Baca Juga : Enam Tips Berikut Ampuh Mencegah Timbulnya Masalah Demensia

- Lumpuh Histeria

Lumpuhnya salah satu anggota fisik, akibat tekanan atau pertentangan batin, yang tidak dapat diatasi. Biasanya gejala satu ini muncul secara tidak sadar, sebagai cara untuk membela diri, serta untuk mengatasi kesukaran-kesukaran yang dihadapinya. Biasanya gejala lumpuh itu, terjadi secara tiba-tiba, dimana sebelumnya sang penderita tidak merasakan apa-apa.

- Kejang Histeria

Seluruh badan terasa kaku, tidak sadarkan diri, disertai dengan teriakan-teriakan dan keluhan-keluhan, tapi tidak mengeluarkan air mata. Kejang-kejang ini, biasa terjadi pada siang hari selama beberapa menit saja, tapi dapat juga terjadi hingga beberapa hari lamanya. Diantara tanda-tanda kejang Histeria ini, adalah dalam pandangan matanya, yang terlihat kebingungan.

Setelah kejadian itu, biasanya penderita kebingungan, tidak mau berbicara, atau menjawab pertanyaan-pertanyaan. Biasanya serangan ini, terjadi karena serangan emosi yang sangat menekan, seperti rasa tersinggung, tertekan, penyesalan, sedih, dan lain sebagainya. Orang yang terserang biasanya memegang atau menarik apa yang dapat ia capai.

Hilang Daya Bicara Atau Mutism

Mutism  itu ada dua macam, pertama tak sanggup berbicara dengan keras, dan kedua tak mampu berbicara sama sekali. Hilangnya kemampuan untuk berbicara ini, bukan disebabkan oleh kerusakan pada alat-alat percakapan seperti lidah, kerongkongan, pernapasan, dan lain sebagainya.

Alat-alat percakapan tersebut, masih dapat melakukan fungsinya, namun orangnya yang tidak dapat berbicara. Biasanya gejala satu ini, terjadi akibat tekanan perasaan, kecemasan, putus asa, merasa hina, gagal, dan lain sebagainya. Begitu besarnya pertentangan batin dalam dirinya, sehingga menyebabkan lidah menjadi lumpuh.

Hilang Ingatan Atau Amnesia

Hilang ingatan atau Amnesia, terhadap kejadian-kejadian tertentu dalam hidup, sangat erat kaitannya dengan emosi. Seseorang dapat lupa akan sesuatu kejadian tertentu, lupa pada orang yang dikenalnya, bahkan lupa pada dirinya sendiri, baik itu namanya, rumahnya, pekerjaannya, dan lain sebagainya.

- Mengelana Secara Tidak Sadar Atau Fugue

Salah satu gejala Histeria lainnya, ialah orang pergi mengelana berjalan tanpa tujuan, tidak tahu mengapa ia pergi, dan mau kemana ia pergi.

- Jalan-Jalan Sedang Tidur Atau Somnabulism

Orang yang diserang gejala satu ini, di kuasai oleh sejumlah pikiran dan kenangan-kenangan, yang berhubungan satu sama lain. Meskipun ia sedang tidur, akan tetapi ia masih dapat membedakan, mana pintu yang tertutup dan mana pintu yang terbuka, dan mudah kembali ke tempat tidurnya. Waktu bangun pagi harinya, ia tidak tahu apa yang terjadi pada dirinya, sewaktu ia tidur tersebut.

Baca Juga : Inilah Fakta-Fakta Seputar Skizofrenia Pada Anak Yang Perlu Orang Tua Tahu

Itulah ulasan mengenai enam gejala yang ditimbulkan gangguan mental Histeria, sahabat sekalian. Jadi pada saat salah satu gejala yang kita bahas di atas, kamu rasakan timbul dalam dirimu, ada baiknya kamu sesegera mungkin, memeriksakan dirimu ke dokter atau para ahli dibidang tersebut. Sehingga gangguan mental Histeria dapat kamu hindari. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.refleksiteraphy.com/?m=artikel&page=detail&no=59

www.klinikherbaldunia.com/gejala-gejala-histeria/

Subscribe to receive free email updates: