Hati-Hati!!! Enam Perkara Berikut Dapat Turunkan IQ Kamu

Sahabat Saya Sekalian | Tes IQ telah lama dijadikan tolak ukur, untuk mengetahui sejauh mana, kemampuan otak manusia bekerja. Kebanyakan orang menginginkan IQ yang tinggi, karena hal tersebut dapat menandakan, bahwa tingkat kecerdasannya patut diacungi jempol. 

Selain itu, dapat juga memudahkannya untuk diterima masuk ke dalam universitas, ataupun mendapatkan pekerjaan. Bagi mereka yang dianugerahi dengan IQ tergolong tinggi, tentunya ingin agar semasa hidupnya, kemampuan otaknya tersebut terus terjaga. Namun jangan salah, ternyata IQ pun mampu turun, baik secara perlahan maupun secara drastis.

Kemudian timbul pertanyaan, apa sajakah perkara yang dapat menurunkan IQ?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa kebiasaan tak terduga yang meningkatkan risiko menurunnya IQ seseorang.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai perkara apa sajakah yang dapat membuat IQ kita turun, baik itu secara drastis ataupun secara perlahan?. Berikut ini ulasannya :

Hati-Hati!!! Enam Perkara Berikut Dapat Turunkan IQ Kamu

Baca Juga : Tujuh Macam Makanan Yang Baik Tuk Perkembangan Otak Anak

- Mengonsumsi Makanan Mengandung Lemak Jenuh

Peneliti dari University of Montreal, menemukan fakta bahwa mengonsumsi makanan, yg mengandung lemak jenuh secara berlebihan, dapat mempengaruhi kesehatan fungsi otak. Yang mana, makanan tersebut dapat mempengaruhi fungsi otak, melalui saraf yg fungsinya mengendalikan dopamine. 

- Sering Berkumpul Bersama Perokok

Meskipun kamu bukan seorang perokok, namun menghirup asap dari para perokok, juga dapat membuat otak kita, menyerap zat-zat beracun dari rokok itu sendiri. Terus-menerus menghirup asap rokok, dapat meningkatkan Karbon Monoksida dalam tubuh. 

- Sering Melakukan Banyak Hal Sekaligus Atau 'Multitasking

Ahli saraf di Massachusetts Institute of Technology, bernama Earl Miller, menerangkan bahwa otak manusia tak dirancang, untuk melakukan banyak hal sekaligus atau Multitasking. Jika seseorang terus-menerus menerapkan hal ini, maka fungsi kognitifnya akan menurun dan lambat laun akan membuat dirinya, kesulitan untuk berpikir kreatif seperti sebelumnya.

- Terlalu Bergantung Pada Teknologi

Di era modern seperti saat ini, telah jarang orang yang mau berusaha menghafal nomor telepon seseorang, atau mencari tahu keterangan seputar dunia dengan membaca koran. Karena telah ada internet, yang dapat mempermudahnya untuk mencari tahu. 

Namun terlalu sering mengandalkan teknologi, mulai membuat otak kita melemah karena jarang digunakan, atau dipacu untuk bekerja keras dalam mengingat sesuatu. Hal ini juga, mulai membuat daya ingatan kita, menurun secara drastis.

- Merasa Tertekan Atau Depresi

Kecemasan akibat finansial, urusan pekerjaan yang menumpuk, dan risau dalam menjaga keseimbangan kehidupan sosial, dapat menciptakan banyak hormon stres dalam tubuh. Dan perubahan akibat stres diyakini menjadi penyebab peningkatan risiko Alzheimer. 

Menurut Brendan Kelly, MD, seorang ahli saraf dari The Ohio State University Wexner Medical CenterStres tingkat tinggi, bukan hanya dikaitkan dengan fungsi otak yang memburuk, tetapi juga sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit Alzheimer.

- Jet Lag’ Dan Insomnia

Ilmuwan dari University of California, Berkeley, mengungkapkan fakta bahwa kurangnya tidur, atau perubahan ritme tidur akibat jet lag ataupun penyakit Insomnia, dapat merusak kinerja sekaligus fungsi kognitif otak manusia. Dan seandainya, hal tersebut terjadi dalam waktu yang terbilang panjang, dapat membuatnya rusak sepenuhnya.

Baca Juga : Enam Perkara Yang Memiliki Dampak Buruk Bagi Kesehatan Otak

Itulah ulasan mengenai enam perkara yang dapat menurunkan IQ, sahabat sekalian. Jadi apabila kamu tidak ingin sampai IQ-mu menurun, ada baiknya kamu mengasah selalu kemampuan otakmu, serta menghindari perkara-perkara yang telah kita bahas di atas. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: