Inilah Enam Manfaat Berwudhu Yang Perlu Kita Ketahui

Sahabat Saya Sekalian | Berwudhu, pastinya merupakan istilah yang tidak asing lagi, di telinga kita bukan?. Berwudhu ialah salah satu cara mensucikan diri dari hadas kecil. Berwudhu biasanya dilakukan, pada saat sebelum sholat guna mensucikan diri kita, sebelum menghadap Sang Maha Kuasa.

Namun, berwudhu sebenarnya dapat dilakukan kapan saja, tidak hanya saat menjelang sholat. Berwudhu dapat dilakukan sebelum tidur, ketika hendak melakukan perjalanan, ketika kita dalam keadaan marah, dan lain sebagainya. Dan tahukah kamu, bahwa berwudhu ternyata memiliki berbagai manfaat?.

Nah berdasarkan hal tersebut pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat dari berwudhu yang sebaiknya kamu tahu. Ada banyak sekali manfaat berwudhu, baik itu untuk kesehatan maupun kehidupan kita.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai manfaat apa sajakah yang dapat kita peroleh dari berwudhu tersebut? Berikut ini ulasannya :

Inilah Enam Manfaat Berwudhu Yang Perlu Kita Ketahui

- Mampu Meredam Rasa Amarah

Berwudhu dapat meredam amarah yang timbul. Jika kamu berada dalam keadaan marah, dan tidak mampu mengendalikannya, maka jalan terbaik untuk meredam amarahmu tersebut, ialah dengan mengambil air wudhu. Selain itu, wudhu juga dapat menghilangkan rasa lelah maupun cemas, yang melanda hati kita.

Karena kesegaran air wudhu, mampu menenangkan pikiran kita. Marah juga merupakan hal yang disukai oleh setan, setan sendiri terbuat dari api, dan api dapat di padamkan dengan air. Jadi jika kamu merasa marah, maka berwudhu dapat mengatasi hal tersebut. Pastinya setan-setan yang ada di sekitar kita, akan segera menjauh dan marah kita akan segera redam.

Rasulullah SAW bersabda, "Marah itu bersumber dari setan, setan itu di ciptakan dari api, sedangkan api dapat dipadamkan dengan air. Oleh karena itu, bila seseorang dari kalian marah, maka hendaknya dia memadamkannya dengan wudhu." (HR. Ahmad).

- Wajah Selalu Nampak Bercahaya

Wudhu dapat membuat wajah kita, nampak bersih, bercahaya, dan bersinar. Ketika kita berwudhu, secara tidak sadar kita telah melakukan perawatan, pada wajah kita. Karena ketika berwudhu, kita membersihkan kotoran-kotoran serta debu, yang menempel di wajah kita. Tidak hanya itu, gerakan dalam berwudhu seperti mengusap wajah dengan air, bagaikan kita sedang memijat atau merefleksi otot-otot wajah kita.

Sehingga wajah kita akan berseri dan bercahaya. Dengan berwudhu, pastinya jerawat-jerawatpun akan hilang, dengan sendirinya. Pastinya kamu menginginkan wajah yang selalu tampak bersinar bukan?. Caranya ialah dengan rajin-rajin berwudhu. Manfaat wudhu Tidak hanya membuat wajah kita bercahaya di dunia, namun juga di akhirat kelak.

Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh umatku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya, karena bekas wudhunya, (Abu Hurairah menambahkan) maka siapa yang mampu melebihkan panjang sinar dalam tubuhnya maka lakukanlah." (HR. Bukhari-Muslim).

- Selain Mensucikan Diri Berwudhu Juga Dapat Menghapus Dosa

Wudhu juga mampu menghapus dosa, karena wudhu merupakan sebagian, dari mensucikan diri. Air-air yang menyapu kulit kita, dapat menyapu dosa kita juga.

Rasulullah bersabda, "Barang siapa yang berwudu dengan membaguskan wudhunya, maka keluarlah dosa-dosanya dari kulitnya, sampai kuku-kuku jemarinya." (HR. Muslim).

- Dapat Menyegarkan Hati Dan Pikiran

Berwudhu dapat menyegarkan hati dan pikiran kita. Kesegaran air dalam berwudhu, membuat pikiran kita menjadi rileks, dan kembali segar. Gerakan-gerakan dalam berwudhu, juga mampu menghilangkan rasa lelah, yang kita rasakan. Karena gerakan-gerakan dalam berwudhu, seperti halnya membasuh wajah, tangan, telinga, dan sebagainya, mampu memberi relaksasi terhadap otot-otot kita yang lelah.

Kesegaran air di setiap basuhan dalam berwudhu, akan membersihkan diri kita, serta membuat kita semakin segar dan ringan. Debu dan kotoran yang menempel akan hilang, lelah dan capek pun hilang, dan kamu dapat kembali memulai aktivitas, dengan tubuh yang segar bila kamu rajin berwudhu.

- Akan Selalu Berada Dalam Lindungan-Nya

Senantiasa menjaga wudhu, juga akan menjadikan kita, dekat dengan Allah SWT. Karena Allah SWT mencintai orang-orang, yang berada dalam keadaan suci. Kebersihan juga merupakan sebagian dari iman. Senantiasa berwudhu, juga berarti membuat kita selalu dekat, dengan Allah SWT. Dan pastinya Allah SWT akan selalu melindungi kita.

- Berwudhu Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Berwudhu, membuat hati dan pikiran kita tenang, serta dapat menghilangkan amarah. Sehingga akan membuat tubuh kita semakin sehat. Karena marah dan stres, itu dapat menyebabkan timbulmnya, berbagai penyakit berbahaya. Sehingga dengan banyak berwudhu, kita akan mengurangi risiko tersebut.

Tidak hanya itu, berwudhu juga membersihkan kulit kita dari kuman penyebab penyakit, lewat tahapan seperti membasuh tangan, muka, dan lain sebagainya. Dalam gerakan berwudhu, kita juga membasuh telinga, hidung, dan berkumur-kumur. Tentu saja, kuman-kuman yang ada di bagian tubuh tersebut, akan segera hilang dan kita tidak mudah terserang penyakit. Rajin berwudhu juga artinya rajin menjaga kebersihan.

Baca Juga : Enam Manfaat Luar Biasa Mandi Malam Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Itulah ulasan mengenai enam manfaat berwudhu yang mungkin belum banyak diketahui, sahabat sekalian. Ternyata banyak sekali manfaat berwudhu, semoga kita senantiasa rajin menjaga wudhu kita, Aamiin. Agar manfaat-manfaat yang kita bahas di atas, dapat kita rasakan sepenuhnya. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.rislah.com/manfaat-berwudhu-yang-jarang-diketahui/

Subscribe to receive free email updates: