Enam Masalah Kesehatan Yang Dapat Terjadi Akibat Duduk Terlalu Lama

Sahabat Saya Sekalian | Apakah pekerjaanmu, mengharuskan dirimu untuk duduk, begitu lama?. Tanpa disadari sebenarnya ada banyak sekali orang, yang memiliki aktivitas atau pekerjaan, yang mengharuskan mereka duduk dalam janga waktu lama. Misalnya saja seperti profesi penjahit, operator mesin otomatis di pabrik, pekerja kantoran, serta beberapa profesi lainnya.

Bahkan kebiasaan duduk lama ini, sebenarnya sering kali kita lakukan, bukan hanya ditempat kerja melainkan di rumah juga, seperti halnya tatkala kita menonton televisi. Dampak dari duduk terlalu lama, berhubungan dengan sistem metabolisme tubuh kita. Bahkan dalam jangka panjang, hal tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya tertentu, serta masalah kesehatan jangka panjang.

Namun, banyak orang yang tidak memikirkan, tentang risiko yang dapat diakibatkan, dari duduk terlalu lama ini. Akan tetapi sebenarnya sudah sejak lama, masalah duduk terlalu lama ini, mendapat perhatian khusus. Beberapa peneliti dan pemerhati kesehatan, sudah lama memberikan peringatan mengenai hal ini.

Kemudian timbul pertanyaan, bila duduk terlalu lama merupakan perkara yang buruk, lalu dampak apa sajakah yang dapat terjadi pada tubuh kita?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa masalah kesehatan yang dapat timbul akibat duduk terlalu lama.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai dampak apa sajakah yang dapat terjadi, akibat duduk dalam waktu yang begitu lama?. Berikut ini ulasannya : 
- Diabetes

Salah satu ahaya dari duduk terlalu lama, ialah dapat meningkatkan risiko, terserang penyakit Diabetes. Kurangnya aktivitas fisik akibat terlalu lama duduk, dapat menyebabkan sensitivitas insulin berkurang. Sehingga apabila kebiasaan buruk ini, tetap kamu lakukan maka bukan tidak mungkin bila nantinya, kamu akan menderita penyakit satu ini.

- Obesitas

Dampak negatif akibat terlalu lama duduk selanjutnya, ialah dapat menyebabkan tubuh kamu, mengalami Obesitas. Ketika seseorang terlalu sering duduk lama, tentunya pembakaran kalori didalam tubuhnya, tidak berjalan dengan optimal. Dengan begitu, hal tersebut dapat membuat kamu sangat berisiko, mengalami Obesitas atau kegemukan.

- Kolesterol Tinggi

Banyak hal yang dapat menyebabkan, kadar kolesetrol didalam tubuh kita meninggi, salah satu perkara yang dapat membuat naiknya kadar kolesterol dalam tubuh, ialah kebiasaan buruk terlalu lama duduk.

Orang-orang yang sering duduk terlalu lama, baik itu saat sedang menonton televisi ataupun di depan komputer, secara perlahan-lahan kadar kolesterol didalam tubuhnya akan meningkat. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi, tentunya sangat berisiko bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan apabila dibiarkan tanpa diatasi, maka hal tersebut dapat memicu, terjadinya serangan jantung.

- Penyakit Jantung

Seperti yang sudah kita bahas di atas, bahwa duduk terlalu lama dapat menyebabkan, kadar kolesterol didalam tubuh kita meningkat. Dan apabila, kadar kolesterol didalam tubuh kita terus meningkat dan tinggi, maka hal ini dapat menyebabkan kamu, mudah terkena penyakit jantung.

- Risiko Tinggi Kanker

Dalam sebuah penelitian, terbukti bahwa duduk terlalu lama, dapat menyebabkan risiko penyakit Kanker rahim, dan Kanker usus besar. Risiko Kanker ini menjadi lebih tinggi, karena tubuh kurang aktif sehingga menurunkan potensi zat Antioksidan dalam tubuh, produksi insulin yang lebih lemah, dan pertumbuhan sel yang lebih cepat.

Namun ternyata, justru sel-sel tersebut merupakan sel tidak normal, yang dapat memicu Kanker. Sementara dengan menggerakkan tubuh, kita akan memulihkan semua kondisi yang dibutuhkan tubuh, untuk melawan segala jenis penyakit Kanker.

- Penurunan Fungsi Otak

Ketika kamu terlalu lama duduk, maka hal tersebut dapat membuatmu, mengalami penurunan fungsi otak. Hal ini bisa terjadi, karena terlalu lama duduk akan membuat otak, tidak mendapatkan asupan darah dan oksigen yang cukup, seperti ketika tubuh kita aktif. Otak membutuhkan Oksigen dan darah yang cukup berkualitas, untuk dapat melepaskan beberapa bahan kimia alami, untuk tubuh kita.

Baca Juga : Inilah Yang Dapat Terjadi Pada Tubuh Tatkala Kamu Kurang Berolahraga

Itulah ulasan mengenai enam dampak buruk yang dapat kamu alami karena terlalu lama duduk, sahabat sekalian. Jadi buat kamu yang seringkali duduk dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya kamu menghentikan kebiasaan burukmu tersebut, dan mencoba untuk lebih aktif setiap harinya. Agar kamu terhindar dari masalah-masalah kesehatan yang kita bahas di atas. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.cantiksehatgue.blogspot.co.id/2016/04/10-bahaya-duduk-terlalu-lama-bagi-kesehatan.html

www.halosehat.com/gaya-hidup/kebiasaan-buruk/bahaya-duduk-terlalu-lama

Subscribe to receive free email updates: