Empat Gempa Bumi Terdahsyat Dengan Kerugian Paling Besar Di Dunia

Lorongperihal.id | Kalian pastinya tahu apa itu gempa bumi, bukan?. Yah, Gempa Bumi ialah getaran atau guncangan, yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi, dari dalam perit bumi secara tiba-tiba. Yang kemudian menciptakan gelombang seismik. Penyebab Gempa Bumi biasanya, akibat adanya pergerakan atau pergeseran, dari kerak atau lempengan Bumi.

Dan Gempa Bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR), telah mengguncang Pidie Jaya, Aceh, pada hari Rabu tanggal 7 Desember 2016 yang lalu. Adapun kerusakan fisik yang diakibatkan gempa tersebut, tercatat meliputi 11.668 unit rumah warga rusak ringan hingga berat, 61 unit Masjid roboh, 161 unit ruko runtuh, 10 unit kantor pemerintahan rusak, 16 unit  fasilitas pendidikan, dan lain sebagainyanya.

Selain Gempa Bumi yang melanda Pidie Jaya, Aceh, tercatat pula beberapa bencana Gempa Bumi berkekuatan tinggi, yang melanda beberaa negara lain di dunia. Dimana, bencana-bencana Gempa Bumi berkekuatan besar tersebut, mengakibatkan robohnya banyak bangunan, serta menyebabkan kerugian yang cukup besar.

Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa kasus bencana Gempa Bumi terdahsyat yang pernah tercatat. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai negara apa sajakah yang pernah alami Gempa Bumi terdahsyat di dunia?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Enam Fakta Seputaran Fenomena Gempa Bumi Yang Jarang Diketahui

- Gempa Bumi Dahsyat Di Chili

Empat Gempa Bumi Terdahsyat Dengan Kerugian Paling Besar Di Dunia

Pada bulan Mei 1960, negara Chili dihantam oleh Gempa Bumi besar, berkekuatan sekitar 9,5 SR. Guncangan Gempa Bumi, yang berlangsung hingga berjam-jam tersebut, menyebabkan hampir 5.700 orang meninggal dunia. Selain korban jiwa, bencana tersebut juga menyebabkan kerugian materil, yang ditaksir mencapai USD 675 miliar atau setara dengan Rp 9.003,8 triliun.

- Gempa Bumi Dahsyat Di Alaska

Empat Gempa Bumi Terdahsyat Dengan Kerugian Paling Besar Di Dunia

Gempa Bumi berkekuatan sekitar 9,2 SR, mengguncang Alaska pada tahun 1964 silam. Dan bemcana tersebut, menjadi salah satu Gempa Bumi terbesar di dunia. Total sebanyak 110 orang tewas, termasuk juga William, Pangeran Alaska kala itu. Adapun kerugian materil, yang dialami Alaska saat itu, ditaksir mencapai USD 311 juta atau setara dengan Rp 4,1 triliun.

- Gempa Bumi Dahsyat Di Peru

Empat Gempa Bumi Terdahsyat Dengan Kerugian Paling Besar Di Dunia

Peru mengalami gempa dahsyat pada bulan Mei 1970. Gempa berkekuatan 7,9 SR, merubuhkan sejumlah bangunan besar di negara tersebut, dan menimbulkan banyak korban jiwa. Tercatat setidaknya, ada sebanyak 66.000 orang tewas, dalam bencana dahsyat tersebut. Kerugian materil yang dialami Peru kala itu, ditaksir mencapai USD 500 juta atau setara dengan Rp 6,7 triliun. Para ilmuan menjelaskan, bahwa gempa tersebut terjadi akibat, pergeseran lempengan Samudera Pasifik.

- Gempa Bumi Dahsyat Di China

Empat Gempa Bumi Terdahsyat Dengan Kerugian Paling Besar Di Dunia

Pada tahun 1976, negara China sempat diguncang Gempa Bumi, berkekuatan sekitar 7,5 SR. Gempa Bumi di China tersebut, dipicu oleh pergeseran lempeng Samudera Pasifik. Akibat gempa besar tersebut, tercatat sebanyak 250.000 orang tewas, karena reruntuhan bangunan. Selain meninggalkan trauma mendalam, gempa juga menyebabkan kerugian materil, yang mencapai USD 655.000 atau setara dengan Rp 8,7 miliar.

Baca Juga : Enam Bencana Alam Terdahsyat Yang Pernah Tercatat Di Seluruh Dunia

Itulah ulasan mengenai empat bencana Gempa Bumi paling dahsyat yang pernah tercatat, sahabat sekalian. Bencana-bencana Gempa Bumi tersebut, terbilang dahsyat bukan hanya karena kekuatannya, tetapi juga daya hancur serta kerugian yang ditimbulkannya. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.merdeka.com/uang/5-gempa-dahsyat-dengan-total-kerugian-terbesar-di-dunia.html

Subscribe to receive free email updates: