Lima Manfaat Tidur Dengan Posisi Badan Menghadap Ke Kanan

Sahabat Saya Sekalian | Berabad-abad silam, Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam pernah mengisyaratkan sebuah kebiasaan, yaitu tidur dengan posisi badan yang menghadap ke kanan. 

Seperti hadits dari Barra bin ‘Azib ra : Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, yang artinya Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwudhulah seperti wudhu untuk shalat. Kemudian berbaringlah kamu dengan berbaring di lambung kananmu. (HR. Al-Bukhari).

Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam mengatakan, bahwa kebiasaan tidur dengan posisi badan menghadap ke kanan ini, memiliki banyak sekali manfaat yang luar biasa. Posisi tidur dengan badan menghadap ke kanan, dimana badan bagian kanan menjadi tumpuannya, ternyata memang menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Kemudian timbul pertanyaan, manfaat apa saja yang dapat di peroleh, dengan membiasakan diri tidur dalam posisi badan menghadap kekanan?. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat biasakan tidur dengan posisi badan menghadap ke kanan.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sapertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, tentang manfaat-manfaat apa sajakah yang ada di balik tidur dalam posisi badan menghadap kekanan?. Berikut ini ulasannya :
- Mengistirahatkan Otak Sebelah Kiri Yang Lelah

Secara anatomis, otak manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak bagian kanan, adalah otak yang mempersarafi organ tubuh sebelah kiri, dan begitu pula sebaliknya. Dengan tidur pada posisi badan menghadap ke sebelah kanan, maka otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktifitas organ tubuh bagian kanan, akan terhindar dari bahaya.

Adapun bahaya-bahaya tersebut meliputi pengendapan bekuan darah, asam sisa oksidasi, dan penyempitan pembuluh darah, yang dapat timbul akibat sirkulasi darah yang melambat, saat kamu tidur atau diam.

- Mengurangi Beban Kerja Jantung

Tidur dengan posisi badan miring ke kanan, membuat jantung tidak tertimpa organ tubuh lainnya. Hal ini karena posisi jantung berada di sebelah kiri. Sehingga, apabila kamu tidur dengan posisi badan bertumpu pada sisi kiri, dapat menyebabkan jantung terbebani secara berlebihan.

Posisi tidur dengan posisi badan menghadap ke sebelah kanan yang rata, juga memungkinkan darah terdistribusi merata, dan terkonsentrasi di sebelah kanan. Hal ini akan menyebabkan beban aliran darah, yang masuk dan keluar jantung lebih rendah. Dampak posisi ini, adalah denyut jantung menjadi lebih lambat, tekanan darah juga akan menurun.

- Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru sebelah kiri, lebih kecil bila dibandingkan dengan paru-paru sebelah kanan. Jika kamu tidur dengan posisi badan menghadap ke sebelah kanan, jantung akan condong ke sebelah kanan pula.

Hal ini tidak menjadi masalah, karena paru-paru sebelah kanan lebih besar, bila dibandingkan dengan paru-paru sebelah kiri. Lain halnya jika kamu tidur dengan posisi badan menghadap ke sebelah kiri, jantung akan menekan paru-paru sebelah kirimu yang berukuran kecil, tentu ini sangat tidak baik bagi kesehatan.

- Mengistirahatkan Lambung

Lambung manusia berbentuk seperti tabung, dan menyerupai simbol koma dengan ujung katup keluaran menuju usus, menghadap kearah kanan bawah. Jika kamu tidur dengan posisi badan menghadap ke sebelah kiri, maka proses pengeluaran chime atau makanan yang telah dicerna oleh lambung, dan bercampur dengan asam lambung akan sedikit terganggu. Hal ini akan memperlambat proses pengosongan lambung.

- Meningkatkan Waktu Penyerapan Gizi

Ketika kamu tidur, pergerakan ususmu akan menigkat. Dengan kamu tidur pada posisi badan menghadap ke sebelah kanan, perjalanan makanan yang telah dicerna dan siap di serap, akan menjadi lebih lama. Hal ini disebabkan oleh, posisi usus halus hingga usus besar, yang berada dibawah. Waktu yang lama ini, memungkinkan penyerapan gizi oleh tubuhmu, bisa jauh lebih optimal.


Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai lima manfaat tidur menghadap ke sebalah kanan, yang ternyata menyimpan banyak sekali manfaat bagi tubuh. Namun, tidur dengan posisi badan menghadap ke sebelah kanan saja tidaklah cukup, kamu juga perlu memperhatikan asupan makan, dan olahraga secara teratur setiap hari. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.katasaya.net

Subscribe to receive free email updates: