Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Yunani

Sahabat Saya Sekalian | Pada tulisan sebelumnya, kita membahas mengenai makhluk-makhluk mitologi asal Jepang. Ternyata, bukan hanya Jepang yang memiliki cerita rakyat, mengenai makhluk-makhluk mitologi seperti itu. Akan tetapi di luar negara Jepang pun, banyak juga negara-negara yang memiliki cerita tentang makhluk-makhluk kepercayaan, dari cerita rakyat yang berkembang di sana. 

Salah satunya ialah Yunani. Sebagian besar makhluk-makhluk mitologi yang kamu ketahui, bahkan mungkin yang orang-orang di dunia ini ketahui, juga berasal dari Negeri Para Dewa tersebut. Bahkan tidak jarang, cerita-cerita rakyat dari Yunani mengenai makhluk mitologi tersebut, diangkat ke layar kaca. 

Bukan hanya film-film dari negaranya sendiri saja, yang menampilkan makhluk-makhluk mitologi dari negara Yunani, bahkan film-film dari Hollywood pun, sudah sering mengambil cerita tentang makhluk-makhluk tersebut. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa makhluk mitos dari Yunani, yang paling terkenal.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai makhluk-makhluk mitos seperti apa sajakah yang dimaksud?. Berikut ini ulasannya :

- Centaur

Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Yunani

Centaur merupakan makhluk mitologi, yang memiliki kepala hingga dada menyerupai manusia, sementara tubuh dan kakinya menyerupai kuda. Centaur yang paling terkenal dalam mitologi Yunani bernama Chiron. Ia merupakan Centaur yang memiliki badan tegap, dengan perawakan yang sangat gagah. Chiron sangat suka bertempur, sekaligus diberkahi kecerdasan dan keterampilan, serta ilmu pengobatan.

- Cerberus

Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Yunani

Cerberus sendiri, dipercaya sebagai anjing penjaga kepercayaan dari Hades. Dan Hades sendiri merupakan dewa penguasa dunia bawah. Cerberus, memiliki tiga kepala dengan ukuran badan, yang sangat besar. Cerberus dipercaya oleh Hades, untuk menjaga gerbang masuk menuju dunia roh. 

Dipercaya bahwa hanya roh-roh orang mati saja, yang dapat melewati gerbang yang makhluk ini jaga. Sementara bagi manusia, yang mencoba untuk melewati gerbang tersebut, akan langsung diterkamnya.

- Cyclops

Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Yunani

Kamu pasti sudah tahu dengan makhluk satu ini. Ia merupakan raksasa bermata satu, yang sangat menyukai daging manusia. Cyclops, merupakan makhluk yang memiliki kekuatan sangat besar, ia juga dikenal karena keganasannya.

- Hydra

Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Yunani

Hydra merupakan seekor makhluk air, yang menyerupai ular namun memilki ukuran tubuh yang sangat besar, kepala yang banyak, dan racun yang sangat mematikan. Saking mematikannya racun yang dimiliki Hydra, sampai-sampai nafas yang dikeluarkan makhluk ini, bisa membunuh seorang manusia dalam sekejap mata. 

Selain itu, darah makhluk ini juga sangat beracun. Ia dipercaya dapat meregenerasi kepalanya, setiap kali kepala makhluk ini dipenggal. Dalam sekali regenerasi ketika satu kepala dipenggal, maka akan tumbuh dua kepala, di tempat kepala yang berhasil di penggal tadi. Hydra dipercaya tinggal di danau Lerna, yang terletak di bagian Peloponnese kuno. Hydra mengintai di dalam sebuah gua bawah air, yang dipercaya juga sebagai pintu masuk ke dunia bawah.

- Medusa

Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Yunani

Makhluk mengerikan ini, memiliki kemampuan untuk merubah manusia menjadi batu, ketika mereka menatap matanya. Medusa merupakan makhluk paling populer, dalam mitologi Yunani. Dipercaya bahwa awalnya, Medusa merupakan seorang gadis yang sangat cantik.

Namun justru kecantikannya tersebut, berbuah kemalangan baginya. Wanita itu digagahi oleh dewa Poseidon di kuil Athena. Karena itu, Athena pun marah dan mengutuk Medusa menjadi sesosok makhluk mengerikan, yang kita ketahui saat ini.

- Minotaur

Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Yunani

Minotaur, merupakan monster yang memiliki tubuh kekar layaknya manusia, tetapi berkepala banteng. Minotaur sendiri, dipercaya sebagai makhluk pemakan manusia, yang sangat rakus. Ia selalu melahap semua manusia, yang tersesat di dalam rumahnya yang menyerupai labirin. 

Sangat mustahil bagi seorang manusia biasa, untuk dapat menemukan jalan keluar dari rumah berbentuk labirin, yang dibangun oleh Daedalus dan putranya Icarus tersebut. Di rumah labirin itu, sang raja Minos dari Kreta tinggal. Menurut cerita yang berkembang, anak dari raja Minos bernama Androgeus, tewas dibunuh di Athena. 

Oleh sebab itu, Minos akhirnya memutuskan untuk berperang dengan Athena, dan memenangkan perang tersebut. Sebagai penebusan dosa dari bangsa Athena atas kematian Androgeus, setiap tahunnya tujuh pemuda serta tujuh gadis dari Athena, harus dikirim ke pulau Kreta untuk dimasukan kedalam labirin, sehingga Minotaur bisa memburu serta memakan mereka.  

Baca Juga : Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Jepang

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai enam makhluk mitologi dari cerita rakyat negeri para dewa, yang cukup terkenal. Seperti halnya yang ada di Jepang, makhluk-makhluk ini hanya mitos belak, namun memiliki daya tarik tersendiri, bagi orang-orang di dunia untuk mengetahuinya. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.katasaya.net

Subscribe to receive free email updates: