Inilah Enam Benda Menakjubkan Yang Ditemukan Di Dasar Laut

Sahabat Saya Sekalian | Pastinya kamu semua tahu apa itu laut bukan?. Yah, laut merupakan sejumlah besar air yang menutupi permukaan daratan, dan meliputi wilayah yang sangat luas. Air yang ada di lautan mengandung garam, sehingga memiliki rasa yang asin. Kebanyakan air yang mengalir di daratan, seperti halnya pada sungai, akan bermuara atau menuju ke lautan.

Dasar laut sendiri, menjadi sebuah tempat yang begitu misterius, karena kamu tidak akan bisa dengan leluasa menjelajahinya. Hal tersebut membuat, tidak semua hal yang ada di dasar lautan, dapat kamu ketahui. Dan tahukah kamu, bila ternyata banyak sekali hal atau benda di dasar lautan, yang pastinya belum pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Seperti halnya benda-benda berikut ini, yang berhasil di temukan di dasar lautan, yang ada di seluruh dunia. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa benda unik yang berhasil ditemukan di dasar laut.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, tentang benda-benda unik apa sajakah yang berhasil ditemukan di dasar laut tersebut?. Berikut ini ulasannya :

- Antikythera atau Komputer Kuno

Inilah Enam Benda Menakjubkan Yang Ditemukan Di Dasar Laut

Antikythera merupakan sejenis komputer analog kuno, yang pada masanya dipergunakan untuk memprediksi posisi tata surya, serta memprediksi terjadinya gerhana. Antikythera sendiri, merupakan salah satu barang paling unik, yang berhasil ditemukan dari dasar laut.

Saat ditemukan, alat ini terdiri dari 30 gir perunggu, dan sebagian lainnya diduga hilang. Gir paling besar memiliki ukuran diameter 140 mm, dan memiliki 223 gigi. Para ahli berasumsi bahwa, Antikythera ini disimpan dalam sebuah kotak berukuran 340 x 180 x 90 mm.

Saat ini, Antikythera disimpan di Museum arkeologi di Athena. Benda unik ini berhasil ditemukan, di dalam reruntuhan kapal Yunani, yang bernama Antikythera. Karena kerumitannya, sampai-sampai harus diteliti menggunakan sinar X modern. Benda ini ditemukan pada tahun 1900/1901.

- Perhiasan Mewah Kuno

Inilah Enam Benda Menakjubkan Yang Ditemukan Di Dasar Laut

Pada tahun 2010 silam, seseorang bernama Jay Miscovish yang berasal dari Florida, membeli sebuah peta harta karun. Miscovish yang memang merupakan pemburu harta karun, serta seorang penyelam amatir, akhirnya menelusuri daerah yang ada di dalam peta tersebut. 

Namun, tanpa disangka-sangka ternyata peta tersebut benar-benar mengantarkannya, menemukan batu Zambrud yang ditaksir memiliki harga, mencapai ratusan juta Dollar. Batu mulia tersebut, berhasil ia temukan di teluk Florida. Hingga saat ini, belum diketahui pasti dari mana asal batu mulia, yang ditemukan Miscovish tersebut.

- Meriam Kapal Bajak Laut

Inilah Enam Benda Menakjubkan Yang Ditemukan Di Dasar Laut

Seorang bajak laut bernama Blackbeard dipaksa untuk menyerah, setalah kapalnya berhasil ditenggelamkan ke dasar laut, di tanjung Beaufort pada tahun 1718. Pada tahun 2013 silam, North Carolina's Department of Cultural Resources berhasil menemukan sebuah meriam besar, dengan berat lebih dari satu ton dari dasar laut. Meriam tersebut diduga merupakan meriam dari kapal Blackbeard.

- Mesin Apollo 11

Inilah Enam Benda Menakjubkan Yang Ditemukan Di Dasar Laut

Mesin Apollo 11, merupakan bagian dari kapal angkasa yang membawa Neil Armstrong, Buzz Aldrin dan Michael Collins, sampai ke bulan pada bulan Juli 1969. Pada bulan Maret 2013 yang lalu, seorang CEO Amazon bernama Jeff Bezos, memiliki sebuah ide gila untuk mencari mesin dari Apollo 11 tersebut. 

Bersama timnya, ia rela menyelam ke dasar laut, untuk mencari mesin Apollo 11 tersebut. Mesin itu pun akhirnya, ditemukan pada kedalaman 14 ribu kaki di bawah Samudera Atlantik, atau sekitar 360 mil dari tempat roket ini diluncurkan, yaitu Cape Canaveral. Saat ini mesin Apollo 11 tersebut, dipajang di Kansas Cosmosphere and Space Center.

- Puluhan Ton Perak Batangan

Inilah Enam Benda Menakjubkan Yang Ditemukan Di Dasar Laut

Pada musim panas tahun 2012 yang lalu, kapal selam Eksplorasi Odyssey asal Tampa, Florida, mengkalim bahwa mereka berhasil menemukan perak batangan, yang diyakini berasal dari kapal SS Gairsoppa asal Inggris. Perak batangan yang mereka temukan, mencapai sekitar 20 persen lebih dari total keseluruhan perak batangan dari kapal SS Gairsoppa, yang diduga mencapai 240 ton.

Lebih dari 61 ton perak batangan, dengan harga mencapai 36 juta Dollar AS atau sekitar 438 miliar Rupiah, berhasil mereka temukan dari Samudera Atlantik. Penemuan ini, sekaligus memecahkan rekor penemuan harta karun terbanyak, yang ditemukan di satu tempat. Kapal SS Gairsoppa asal Inggris ini, tenggelam pada tahun 1941 setelah diserang oleh Nazi. Kapal ini tenggelam sekitar 300 mil dari Irlandia, dan diduga sudah hancur seutuhnya.

- Reruntuhan Kota Kuno Heracleion

Inilah Enam Benda Menakjubkan Yang Ditemukan Di Dasar Laut

Mungkin kamu mengira, bahwa hilangnya sebuah kota akibat tenggelam ke dasar lautan, hanya terjadi di dalam dongeng belaka. Namun ternyata, sebuah kota memang benar-benar bisa tenggelam kedasar lautan, karena berbagai faktor. Beberapa kota di dalam sejarah peradaban manusia, telah hilang dari permukaan bumi. Hal itu dapat disebabkan, oleh permukaan laut yang kian meninggi, serta karena es di kutub yang terus mencair.

Salah satu hasil penyelaman bawah laut akhirnya menemukan sebuah bukti, mengenai adanya kota yang telah menghilang dari permukaan bumi. Dalam penyelaman tersebut, ditemukan reruntuhan berusia ribuan tahun, yang diduga merupakan bagian dari struktur Kota Thonis, atau lebih dikenal dengan sebutan Kota Heracleion pada zaman Yunani Kuno. 

Memang benar itu merupakan suatu hal yang mustahil, untuk memindahkan reruntuhan tersebut kembali ke daratan. Namun penemuan tersebut, merupakan salah satu perkembangan berarti, untuk ilmu pengetahuan.

Baca Juga : Inilah Lima Kisah Orang Yang Selamat Setelah Terdampar Di Tempat Terpencil

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai enam penemuan dasar laut paling menakjubkan. Penemuan-penemuan tersebut membuktikan, bahwa laut merupakan sebuah tempat yang benar-benar misterius, dan menyimpan beragam hal yang menarik. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: