Inilah Enam Jenis Fobia Yang Dapat Menyebabkan Kematian Bagi Penderitanya

Lorongperihal.id | Setiap orang pasti memiliki sesuatu yang ditakutinya, baik itu berupa benda, hewan, tempat, atau bahkan sebuah situasi maupun kondisi. Semua hal itu wajar-wajar saja, karena manusia memang tak ada yang sempurna. Rasa takut seperti itu, baru akan menjadi sebuah masalah jika ketakutan yang dirasakannya berlebihan, hingga bisa menyebabkan orang histeris tatkala melihat hal yang ia takuti.

Kondisi tersebut biasanya disebut Fobia. Tentu saja, kondisi satu ini akan sangat merepotkan, dalam kehidupan sehari-hari. Tapi meski begitu, pada umumnya Fobia bukanlah suatu kondisi, yang dapat membahayakan pengidapnya. Jika masih dapat di atur dengan baik. Namun yang tak banyak orang tahu, adalah kenyataan bahwa ada beberapa jenis Fobia, yang sangat berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian. 

Kemudian timbul sebuah pertanyaan, memangnya Fobia-Fobia apa sajakah yang termasuk paling berbahaya, yang bahkan dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya itu?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa jenis Fobia paling berbahaya dan mematikan bagi manusia.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai Fobia-Fobia seperti apakah, yang paling berbahaya bahkan mengancam nyawa tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Inilah Enam Jenis Fobia Yang Dapat Membunuh Penderitanya

Baca Juga : Berikut Tujuh Fobia Paling Unik Di Dunia Yang Jarang Diketahui

- Somniphobia

Somniphobia dapat mengakibatkan pengidapnya mengalami ketakutan, akan kehilangan kontrol atas tubuh saat mereka tertidur. Kondisi ini juga menimbulkan terjadinya mimpi buruk yang terus berulang. Akibatnya pengidap Somniphobia, menjadi takut untuk tertidur, dan sebisa mungkin berusaha tetap terjaga. Hal inilah yang secara perlahan, dapat membunuh pengidap Somniphobia. 

Seperti yang kita tahu bahwa saat tidur tubuh manusia memulai proses pemulihan diri, dengan memproduksi berbagai hornon imunitas, yang berfungsi untuk meregenerasi segala jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Tanpa tidur yang cukup, tubuh manusia tak akan dapat memulihkan kerusakan, yang ada dalam tubuhnya. 

Sedangkan seorang pendidap Somniphobia, bahkan bisa tidak memejamkan mata sama sekali, selama beberapa hari lamanya. Hal ini secara perlaham, akan menimbulkan masalah kesehatan serius, yang diantaranya adalah Tekanan Darah Tinggi, Sakit Jantung, dan Stroke, yang pada akhirnya akan berujung ada kematian.

- Latrophobia

Latrophobia atau rasa takut yang berlebihan terhadap Dokter, ternyata merupakan salah satu Phobia, yang paling mematikan di dunia ini. Dalam beberapa kondisi tertentu, efek dari Latrophobia bahkan dapat membuat orang menjadi panik dan merasa mual, hanya dengan membayangkan dirinya pergi menemui Dokter. Kondisi ini tentu akan menjadi sangat berbahaya, jika seseorang pengidap Latrophobia sedang dalam kondisi sakit yang parah, dan harus ditangani oleh Dokter. 

- Rhypophobia

Sudah menjadi rahasia umum, jika toilet umum merupakan tempat yang tak higienis. Selain karena digunakan oleh banyak orang, toilet umum juga biasanya kurang terawat kebersihanya, hal ini membuat orang biasanya enggan menggunakan fasilitas publik ini, dan lebih memilih menahan hajatnya sampai di rumah. Kondisi ini ternyata juga merupakan sebuah phobia yang bernama Rhypophobia. 

Bagi beberapa orang yang mengidap Rhypophobia, terkadang mereka tak hanya takut untuk menggunakan toilet umum saja, tetapi juga tolilet yang ada di rumahnya sendiri. Akibatnya orang yang mengidap Rhypophobia, akan sebisa mungkin menahan dan menundan buang air, karena takut akan sakit saat buang air di toilet.

- Mysophobia

Mysophobia merupakan sebutan untuk sebuah Phobia dimana penderitanya mengalami ketakutan berlebih pada kuman. Phobia ini juga sering dikaitkan dengan OCD, atau Obsessive Compulsive Disorder. Sebuah kondisi psikis dimana orang sangat terobsesi akan kebersihan atau kerapihan. Dan untuk kasus Mysophobia, orang akan jadi begitu terobsesi untuk membersihkan setiap benda, yang ada di sekitarnya. 

Obsesi dan ketakutan ini, tentu akan sangat mengganggu kehidupan sehari-hari, terutama saat harus bersosialisa dengan orang lain. Namun tak hanya sampai disitu saja, karena pengidap Mysophobia juga dihadapkan dengan resiko yang lebih fatal, akibat Obsesi mereka akan kebersihan tersebut.

- Heliophobia

Heliophobia merupakan sebuah phobia, yang mengakibatkan pengidapnya mengalami ketakutan, yang berlebiha terhadap sinar matahari. Ketakutan ini bahkan dapat menimbulkan sebuah delusi, dimana pengidap Heliophobia akan merasakan sensasi seolah terbakar pada kulitnya, saat kulit mereka terkena sinar matahari. Hal ini membuat pengidap Heliophobia, selalu dilanda kegelisahan saat akan terkena sinar matahari langsung. 

Hal ini mengakibatkan pengidap Heliophobia, atau yang biasa disebut Heliophobes, akan sebisa mungkin menhindari sinar matahari. Akibatnya mereka akan mengalami kekurangan vitamin D, yang sebagian besar di dapat dari sinar matahari. Vitamin D sendiri dalam tubuh kita, berguna untuk mengatur kalsium dalam tulang, dan menjaga tulang tetap sehat. Kekurangan Vitamin D, selain tak baik bagi tulang juga akan meningkatkan risiko Rakhitis, Kanker, atau penyakit lain yang bahkan bisa mengakibatkan kematian.

- Pantophobia

Phobia yang satu ini, bisa dibilang sebagai phobia yang paling merepotkan, bila diderita oleh seseorang. Karena pengidap Pantophobia, akan takut pada apapun, yang berada di sekitarnya. Kondisi ini membuat pengidap Pantophobia, akan merasakan ketakutan luar biasa yang mengakibatkan serangan panik, detak jantung yang meningkat, keringat dingin, dan bahkan kesulitan berbicara. 

Dalam beberapa kasus yang ekstrim, beberapa penderita Pantophobia, bahkan bisa sampai kehilangan kesadaran. Phobia ini mengakibatkan rasa takut yang datang terus menerus, dan membuat pengidapnya mengalami halusinasi tentang sesuatu yang jahat dan kejam, yang sedang mengintainya meski pun hal tersebut kadang tak bisa di ketahui sumbernya. Mirisnya sekitar 60 persen penderita Pantophobia akhirnya bunuh diri, karena tak tahan dengan delusi yang dialaminya.

Baca Juga : Inilah Enam Jenis Fobia Yang Terbilang Cukup Lucu

Itulah ulasan mengenai lima Fobia paling berbahaya, yang bahkan dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya, sahabat sekalian. Ketakutan memang suatu perkara yang wajar dimiliki manusia, namun apabila ketakutan tersebut sudah berlebihan, sebaiknya kamu segera meminta bantuan Psikolog. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

Subscribe to receive free email updates: