Inilah Delapan Fakta Menarik Seputar Hewan Qurban Yang Wajib Kamu Tahu

Sahabat Saya Sekalian | Hari Raya Idul Adha, atau yang dikenal juga dengan sebutan Hari Raya Qurban dan Hari Raya Haji, diperingati setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah, yang pada tahun ini jatuh pada tanggal 1 September 2017. Hari Raya Idul Adha, juga dijadikan sebagai cara untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim, yang menyembelih seekor Domba sebagai pengganti putranya Islmail. 

Untuk itulah, wajib hukumnya bagi seorang muslim yang mampu dalam segi materi, untuk melaksanakan qurban dengan menyembelih seekor hewan qurban. Tatkala hari-hari menjelang hari Raya Qurban ini, sering kali kita jumpai di pinggir-pinggir jalan, banyak para penjual yang menjajakan hewan-hewan qurban, seperti halnya hewan kambing dan juga hewan sapi. 

Hal ini hanya bisa kita jumpai setahun sekali, yakni tatkala menjelang hari Raya Qurban atau hari raya Idul Adha hingga hari Tasyrik, yakni pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah. Namun, di balik itu semua, banyak tersimpan fakta-fakta menarik seputaran hewan-hewan qurban, yang sayang apabila kita lewatkan. 

Kemudian timbul sebuah pertanyaan, memangnya apa sajakah fakta-fakta menarik dan juga unik, yang menyelimuti hewan-hewan Qurban yang akan kita bahas kali ini?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa fakta menarik seputar hewan Qurban yang wajib kamu ketahui.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai fakta-fakta menarik apa yang ada di balik hewan-hewan qurban tersebut. Berikut ini ulasannya :

Inilah Delapan Fakta Menarik Seputar Hewan Qurban Yang Wajib Kamu Tahu
- Ternyata Kambing Hewan Yang Manja

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwasannya makanan kambing adalah rumput. Namun ternyata ketika rumput yang dimakannya jatuh ke tanah, kambing tersebut enggan memakannya kembali, meskipun kondisi rumput tersebut masih segar. Karena itulah kambing dapat dikatakan sebagai hewan yang manja, karena sifatnya yang aneh saat makan rumput tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya peternak kambing akan mengakalinya dengan membuat kandang kambing, yang mengikuti model rumah panggung dengan wadah makanan yang dibuat sedemikian rupa, sehingga rumput yang jatuh nantinya tidak langsung menyentuh tanah.

- Ternyata Kambing Merupakan Hewan Pertama Yang Diternakan

Kambing disebut-sebut sebagai hewan pertama yang diternakkan oleh manusia. Pendapat ini dikuatkan oleh adanya penemuan, berupa lukisan dinding gua di daerah Eropa, yang usianya sudah mencapai 12.000 tahun.

- Ternyata Kambing Dianggap Sebagai Cikal Bakal Ditemukannya Kopi

Cikal bakal penemuan kopi ternyata dari kambing. Diceritakan bahwa penggembala kambing zaman dahulu, terheran ketika melihat kambingnya lincah dan energik. Setelah diselidiki, ternyata kambing tersebut memakan buah atau biji kopi, sehingga sejak saat itu kopi mulai dibudidayakan oleh manusia.

- Terrnyata Kambing Memiliki Pupil Mata Yang Unik

Jika pupil manusia bentuknya bulat, berbeda halnya dengan pupil mata kambing, yang berbentuk segi empat. Ini membuat mata kambing memiliki pandangan seluas 320 hingga 340 derajat. Bentuk segi empat dari pupil mata kambing ini, bisa membuat kambing melihat dalam keadaan yang lebih baik, tatkala malam hari tiba. Pupil mata kambing pun bisa mengatur dan membatasi cahaya yang masuk.

- Ternyata Sapi Selalu Menghadap Utara Saat Makan

Banyak yang tidak mengetahui, bahwasannya ketika memakan makanannya, sapi selalu menghadap ke Utara. Hal ini bisa terjadi karena otak sapi memiliki 'kompas alami', yang melacak medan magnet bumi sehingga mengarahkan sapi, untuk menghadap utara secara otomatis ketika makan.

- Ternyata Mood Dapat Mempengaruhi Produksi Susu Sapi

Sejauh ini sapi merupakan penghasil 90 persen susu di dunia. Jika seekor sapi sering mendengarkan musik, maka produktivitas susu sapi tersebut akan meningkat. Jadi, mood sapi juga mempengaruhi produktivitas seekor sapi, dalam menghasilkan susu.

- Ternyata Sapi Memiliki Indera Yang Sangat Tajam

Sapi memiliki pupil segi empat seperti halnya kambing, sehingga sapi memiliki kemampuan melihat hampir 360 derajat, dan bisa melihat warna kecuali warna merah. Daya penciumannya pun sangat tajam, dan bisa mencium sesuatu, dalam jarak hingga 8 km jauhnya. Dan untuk berkomunikasi, sapi menggunakan suara, posisi tubuh, dan ekspresi wajah.

- Ternyata Sapi Mampu Berjalan Lebih Cepat

Sapi mampu berjalan lebih cepat daripada kuda, ketika ia berjalan di tanah yang berlumpur. Sapi memiliki kuku kaki yang lebar, sehingga tidak mudah terbenam, ke dalam lumpur yang lembek. Ternyata sapi juga bisa menaiki tangga, tetapi sapi tidak bisa menuruninya karena lututnya tidak bisa menekuk, dan menopang tubuhnya dengan sempurna.

Baca Juga : Tujuh Tradisi Unik Perayaan Hari Raya Idul Adha Di Berbagai Negara

Itulah ulasan mengenai delapan fakta unik seputar hewan Qurban, yang jarang sekali kita ketahui, sahabat sekalian. Fakta-fakta menarik seputar hewan Qurban yang telah kita bahas di atas, pastinya jarang sekali kita ketahui dan membuat kita sangat tertarik untuk mengetahuinya, bukan begitu?. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.wajibbaca.com/2015/09/8-fakta-unik-dan-menarik-seputar-hewan.html

Subscribe to receive free email updates: