Sembilan Tips And Trick Tuk Cegah Dan Hilangkan Karang Di Gigi Secara Alami

Lorongperihal.id | Gigi merupakan salah satu bagian dari tubuh yang sangat penting keberadaannya. Gigi yang sehat dan bersih, tentu akan memberikan banyak keuntungan, bagi mereka yang memilikinya. Namun, gigi yang tak sehat malah akan menjadi sangat buruk, dan tidak baik bagi kesehatan. Salah satu masalah kesehatan gigi, yang membuat orang jadi kurang percaya diri, ialah masalah karang gigi.

Karang gigi (https://id.wikipedia.org/wiki/Karang_gigi) atau biasa orang sebut plak pada gigi, merupakan kotoran yang menempel pada gigi dan sangat sulit di hilangkan, terlebih jika karang tersebut sudah lama bersemayam pada gigi. Walau dengan berulang kali menggosok gigi, namun jika karang tersebut sudah sangat lama berada pada gigimu, maka akan sulit menghilangkannya.

Pada dasarnya, karang gigi ini bukan suatu penyakit, yang mengerikan bagi gigi. Namun, karang gigi ini disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi, yang tak langsung dibersihkan ketika selesai makan. Al hasil, lama kelamaan sisa makanan yang tertinggal pada gigi, menjadi mengeras dan terus menempel dengan kuat, pada permukaan gigi kita.

Adanya karang pada gigi, tentu akan membuat tampilan gigi kita sangat beda, menjadi berwarna kuning dan dapat menghasilkan bau yang tak sedap. Untuk itu, kita harus sadar betul untuk membiasakan menyikat gigi di pagi dan malam hari, serta jika memungkinkan sikat gigimu setelah menyelesaikan makan.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya karang pada gigi yang sulit dihilangkan, di antaranya ialah :

- Karang gigi timbul karena kamu tidak rutin menggosok gigi, saat sebelum dan ketika bangun tidur. Selain itu menggosok gigi dengan asal-asalan, juga membuat gigimu akan dengan mudah, terkena serangan karang gigi yang menyebalkan itu

- Karang gigi juga dapat timbul karena makanan manis, yang terlalu sering kamu konsumsi. Jika dalam sehari-hari, kamu terlalu banyak makan makanan manis, maka jangan heran jika di kemudian hari, gigimu akan menjadi kotor dan tak sehat.

- Karang Gigi juga bisa disebabkan oleh kebiasaan tak rajin berkumur. Bagi yang muslim, tentu berkumur akan selau di lakukannya, saat mengambil Wudhu sebelum Shalat. Terlihat sangat sepele, namun berkumur ini sepertinya enggan dilakukan oleh orang-orang, terlebih ketika berada di area publik.

- Karang gigi juga bisa disebabkan oleh rokok. Yah, orang yang suka merokok terlebih peroko berat (candu), sudah pasti akan mengalami penguningan pada gigi. Adapun yang menyebabkan karang gigi sebab rokok, ialah tembakau yang dibakar dan menghasilkan asap yang kemudian masuk dalam mulut, dan membuat gigi menjadi kuning dan bau.

Nah, seperti yang saya jabarkan sebelumnya jika plak atau karang gigi, bukanlah suatu penyakit yang berbahaya, namun menjadi sesuatu yang tak sedap untuk di pandang. Dan ternyata, ada beberapa cara yang dapat kita tempuh, baik untuk mencegah maupun untuk menghilangkan karang gigi yang membandel.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa tips and trick untuk mencegah dan menghilangkan karang gigi. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya :

Sembilan Tips And Trick Tuk Cegah Dan Hilangkan Karang Di Gigi Secara Alami

Baca Juga : Enam Tips Berikut Dapat Secara Ampuh Atasi Gigi Kuning

- Cegah Dan Hilangkan Karang Gigi Dengan Gosok Gigi Secara Teratur

Karang gigi bisa di cegah dan bisa di hilangkan dengan cara menggosok gigi secara tepat dan rutin. Menggosok gigi yang baik dan benar adalah menggosok gigi dengan cara mengarahkan sikat gigi ke arah yang tepat. Untuk hasil yang sempurna dan gigi sehat menggosok gigi harus dilakukan dengan sabar, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat. Adapun kegiatan gosok gigi ini wajib kamu lakukan ketika selesai makan atau sebelumn dan sesudah bangun tidur.

- Hilangkan Karang Gigi Dengan Bantuan Baking Soda

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan Karang Gigi dengan cepat adalah dengan menggunakan Baking Soda. Seperti yang kita tahu baking soda ini punya natrium bikarbonat yang baik bagi kesehatan. Selain itu Baking soda juga bisa menghilangkan karang gigi dengan cepat. Dalam kerjanya baking soda dapat menetralkan asam di mulut serta dapat mengurangi bakteri jahat. 

Adapun cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan Karang Gigi dengan baking soda adalah dengan cara oleskan sedikit baking soda pada sikat gigi yang basah dan kemudian sikat gigimu untuk beberapa saat. Setelah itu kumur di mulut dan gigi secara menyeluruh dengan air yang cukup hangat. Untuk hasil maksimal lakukan kegiatan ini selama 1-2 kali dalam seminggu sampai karang gigi di gigimu benar-benar menghilang.

- Hilangkan Karang Gigi Dengan Kulit Jeruk

Jeruk memang enak dan mengandung banyak vitamin C yang bagus bagi kesehatan tubuh. Namun tahukah kamu, tak hanya daging jeruknya yang punya banyak manfaat, tetapi bagian kulitnya pun ternyata sangat berguna bagi kesehatan. Ternyata oh ternyata kulit jeruk yang tak bisa dimakan itu sangat berguna untuk menghilangkan karang gigi. Adapun cara yang bisa diguankan adalah dengan cara menggosokkan kulit jerukk pada gigi yang ada karang giginya secara berulang-ulang. Lakukan cara ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

- Hilangkan Karang Gigi Dengan Rajin Makan Apel

Makan buah-buahan setiap hari memang bermanfaat bagi kesehatan. Buah yang kaya vitamin khususnya apel dikatakan sangat berguna untuk menghilangkan karang gigi yang bandel. Apel ini ternyata dapat membuat gigimu yang dulunya kuning karena karang gigi menjadi putih kembali.

- Cegah Karang Gigi Dengan Rajin Berkumur Setelah Makan

Berkumur merupakan cara paling ampuh untuk mengikis karang gigi dan menghalau sisa makanan penyebab karang gigi. Akan sangat membantu jika mengkonsumsi obat kumur dimana sudah terdapat zat aktif penghilang karang gigi sehingga karang gigi akan lebih cepat hilang.

- Cegah Karang Gigi Dengan Mengunyah Buah Dan Sayuran

Mengunyah apalagi mengkonsumsi banyak buah buahan setiap hari tentu akan membuat kesehatanmu tetap terjaga. Apalagi mengunyah buah atau sayuran setelah makan di katakan dapat membersihkan gigi yang kuning karena karang gigi. Selain itu raji mengunyah buah dan sayuran juga bermanfaat untuk memperkuat  gusi gigimu.

- Hilangkan Karang Gigi Dengan Biji Wijen

Cara membersihkan karang gigi alami dan sederhana adalah mengunyah biji wijen. Perlahan kunyahlah segenggam biji wijen selama 4-5 menit, tapi jangan menelan dan memakannya. Lalu sikat gigimu menggunakan biji wijen yang kamu kunyah tersebut. Biji wijen bertindak sebagai scrub alami membersihkan, memoles gigi dan membantu menghilangkan karang gigi.

- Hilangkan Karang Gigi Dengan Rajin Makan Keju

Keju membantu dalam produksi air liur alkali, yang membantu menetralkan asam pada plak. Keju membantu menciptakan lapisan pelindung di sekitar gigi yang membuat bakteri penyebab plak pergi. Keju juga mengandung kalsium dan fosfat yang membantu menyehatkan gigimu. Caranya pun cukup mudah. Makan beberapa lembar keju setelah kamu makan untuk menghindari plak dan membunuh bakteri penyebab plak.

- Hilangkan Karang Gigi Dengan Minuman Teh Hitam

Berkumur dengan air atau obat kumur memang bisa membantu membersihkan dan menghilangkan karang di gigi. Namun untuk yang lebih alami, kamu bisa mencoba teh hitam yang bisa di gunakan untuk menghilangkan karang gigi secara alami. Kandungan antioksidan dan sifat antimikroba pada teh hitam ini sangat baik bagi kesehatan gigi.

Selain itu teh hitam juga kaya akan mineral fluoride. Mineral ini membantu mencegah kerusakan gigi karena mendorong enamel gigi menjadi lebih baik dan mengurangi kemampuan bakteri mulut untuk menghasilkan asam yang menyebabkan kerusakan gigi. Caranya: buat secangkir teh hitam dengan air panas. Biarkan dingin dahulu. Lalu berkumur dengan teh tersebut. Lakukan hal ini 2x dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga : Enam Perkara Berikut Dapat Jadi Penyebab Gusi Kamu Berdarah

Itulah ulasan mengenai sembilan tips and trick yang dapat kita tempuh, untuk mencegah dan menghilangkan karang gigi, sahabat sekalian. Bagi kamu yang tidak ingin gigimu rusak karena karang gigi, ataupun ingin menghilangkan karang gigi yang mengganggu, tips and trick yang telah kita bahas di atas bisa kamu coba. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian. 


Dilansir Dari :

www.anakregular.com/2016/12/cara-menghilangkan-karang-gigi.html

Subscribe to receive free email updates: