Enam Jenis Diet Berikut Disebut-Sebut Cukup Berbahaya Bagi Tubuh

Lorongperihal.id | Memiliki tubuh yang langsing, sepertinya merupakan impian setiap wanita di dunia ini, dan salah satu jalan untuk meraihnya ialah dengan menjalani diet. Diet sendiri adalah kegiatan makan makanan dengan cara diatur, untuk mencapai atau menjaga berat badan agar terkontrol dengan baik.

Diet dilakukan oleh sebagian orang dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada sebagian orang melakukan diet, untuk menjaga kesehatannya atas anjuran dokter, atau karena menderita penyakit tertentu. Namun, ada juga yang melakukan diet, karena bermasalah dengan berat badannya. Diet bertujuan untuk membuat tubuhmu menjadi lebih sehat.

Bentuk tubuh lebih ramping yang diperoleh, hanyalah bonus dari pola mengonsumsi makanan sehat, yang kamu terapkan selama melakukan diet. Ada beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan, apabila kamu menjalani program diet, terutama program diet yang sehat dengan teratur.

Delapan manfaat yang dapat kamu rasakan dari menjalani diet, di antaranya ialah :
  1. Diet dapat menurunkan dan menaikkan berat badan.
  2. Diet dapat meningkatkan metabolisme Tubuh
  3. Diet berguna untuk menyeimbangkan pola makan sehari-hari
  4. Diet dapat mengguatkan tulang
  5. Diet bermanfaatn untuk memperlancar pencernaan
  6. Diet dapat menyehatkan kulit 
  7. Diet dapat melindungi gigi
  8. Diet dapat mencegah berbagai penyakit

Namun tahukah kamu, bahwa ada beberapa jenis diet yang ternyata berbahaya, terhadap kesehatan tubuhmu ketika kamu menjalaninya. Tubuh dapat kehilangan nutrisi, yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan. Akibatnya apabila kekurangan nutrisi, kesehatan tubuh akan menurun sehingga menyebabkan tubuh kita, tidak dapat berfungsi dengan baik.

Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa jenis diet yang cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh yang dilansir dari indiatimes.com. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya :


Master Cleanse adalah jenis diet, yang menjanjikan detoksifikasi tubuh. Dalam program diet ini kamu hanya diperbolehkan mengonsumsi air lemon, sirup maple, air putih, air garam, dan teh pencahar, selama 10 hari lamanya. Hal ini tentu saja berbahaya, karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi, menyebabkan peradangan, dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

- Feeding Tube Diet

Dalam program diet satu ini, kamu hanya boleh mengonsumsi formula cairan yang dimasukkan, ke dalam tube atau tabung selama 10 hari lamanya. Tabung ini harus kamu bawa kemana-mana layaknya infus, dan hanya dilepaskan saat kamu diperbolehkan meminum secangkir teh herbal, itupun tanpa campuran gula sedikitpun. Diet ini dapat membahayakan tubuhmu, karena dapat mengakibatkan pusing, sembelit, dehidrasi, sakit kepala, dan batu ginjal.

- Diet Fruitarian

Sama seperti namanya, diet ini hanya memperbolehkanmu mengonsumsi buah-buahan saja. Semua bahan makanan, bahkan termasuk sayur-sayuran tidak diperbolehkan, untuk kamu konsumsi selama menjalaninya. Tentu saja kebutuhan nutrisi seperti vitamin B12, protein, besi, seng, vitamin D, dan kalsium tidak dapat tercukupi, karena tidak ditemukan di dalam buah-buahan. Kekurangan nutrisi tersebut, dapat menyebabkan kamu menderita Anemia, dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

- HCG Diet

HCG diet atau Human Chorionic Gonadotropin, adalah hormon yang ditemukan dalam air seni wanita hamil, dan juga plasenta manusia. Hormon ini dipercaya dapat menurunkan berat badan, dengan cara disuntikkan ke tubuh, atau digosokkan ke kulit dalam bentuk krim. Para pelaku diet yang menjalani program ini, tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan, lebih dari 800 kalori per hari. Namun nyatanya tidak ada penelitian yang membuktikan, bahwa hormon ini dapat mengurangi berat badan. Malah dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin dan mineral karena asupan kalori yang rendah.

- Paleolitik Diet

Paleolitik diet atau yang juga dikenal dengan diet pola jaman batu, hanya memperbolehkan pengikutnya untuk mengonsumsi makanan alami, dan menjauhi makanan olahan. Hal ini memang terdengar menyehatkan. Namun tubuh juga dapat kehilangan nutrisi dari susu, karena susu berikut produk olahannya tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi.

- Diet Makanan Bayi

Makan dengan menu makanan bayi dan porsi kecil, tatkala kamu masih bayi mungkin merupakan ide yang bagus, untuk menjaga berat badanmu. Namun menurut beberapa peneliti, hal ini dapat berbahaya bagi tubuh karena makanan tersebut, tidak dapat mengakomodir kebutuhan nutrisi orang dewasa. Akibatnya, tingkat metabolisme dapat menurun dan kebutuhan nutrisi, tidak dapat tercukupi dengan baik.
Itulah ulasan mengenai enam jenis diet, yang ternyata cukup berbahaya untuk kita jalani, sahabat sekalian. Diet, pada dasarnya adalah mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, serta dengan porsi yang tidak berlebihan. Diet seharusnya tidak menyiksa orang yang menjalankannya. Oleh karena itu, sebelum berdiet dengarkan tubuhmu hingga kamu dapat memilih, pola diet mana yang benar-benar sesuai untuk tubuhmu. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: