Ini Dia Lima Fakta Menarik Seputar Suku Pelari Cepat Tarahumara

Lorongperihal.id | Masing-masing suku di dunia, memiliki ciri khas dan keistimewaannya tersendiri. Suku Dayak di Indonesia dengan senjatanya, Suku-suku di Afrika dengan ritual gilanya, atau Suku-suku di Asia Tengah yang wanitanya sangat cantik nan mempesona. Berbicara tentang keunikan, Suku bernama Tarahumara pun memilikinya.

Namun, bukan senjata atau ritual gila yang membuat mereka dikenal, akan tetapi karena kemampuan larinya yang istimewa. Ya, suku ini dipenuhi oleh para pelari, yang memiliki kemampuan berlari sangat luar biasa. Tak hanya karena sangat cepat, tapi mereka juga bisa konstan berlari, hingga berhari-hari lamanya.

Cheetah dan Kuda mungkin sangat cepat, tapi mereka takkan mampu berlari dalam waktu yang sangat lama, namun orang-orang daru Suku Tarahumara justru mampu melakukan itu. Maka dari itu, tak mengherankan jika mereka, disebut sebagai The Flash di dunia nyata. Masih tentang si suku pelari tercepat di muka Bumi, ternyata ada beberapa fakta unik tentang Suku Tarahumara ini.

Nah bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu, tentang fakta unik apa sajakah yang dapat kita gali mengenai suku ini, maka kamu harus membaca ulasan kami hingga selesai. Hal tersebut dikarenakan, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa fakta menarik seputar Suku Tarahumara yang pasti bakal bikin kamu geleng-geleng kepala. Berikut ini ulasannya :

Ini Dia Lima Fakta Menarik Seputar Suku Pelari Cepat Tarahumara

- Kemampuan Lari Orang-Orang Suku Tarahumara

Dengan kemampuan lari 38,1 kilometer per jam, Usain Bolt mencatatkan dirinya sebagai pelari tercepat, di seluruh muka Bumi ini. Bolt memang sangat cepat, tapi jika dia dilombakan dengan orang-orang Suku Tarahumara, maka sang sprinter tercepat ini mungkin takkan bisa menang. Pasalnya, orang-orang Suku Tarahumara pasti sangat bisa, mengimbangi kecepatan yang dimiliki Bolt.

Sejak ratusan tahun lalu, orang-orang dari suku yang ada di pedalaman Meksiko ini, sudah terkenal pamornya karena kemampuan lari cepatnya. Bahkan saking cepatnya, orang-orang Suku Tarahumara bisa menuruni sebuah gunung, hanya dalam waktu 90 menit. Padahal, dengan jarak yang sama kita akan menghabiskan sekitar 10 jam, dengan menaiki keledai yang berlari cukup cepat.

Sangat hebat dan luar biasa memang kemampuan orang-orang suku ini, maka tak mengherankan bila orang-orang Suku Tarahumara, disebut-sebut bisa berlari menyaingi kecepatan seekor Kuda atau bahkan seekor Cheetah sekalipun.

- Tak Hanya Tentang Berlari Cepat

Hal yang luar biasa, tentang kemampuan lari orang-orang Suku Tarahumara bukan hanya soal kecepatan, tetapi juga tentang seberapa lama mereka dapat berlari. Semua orang memang bisa berlari cepat, namun ada batasannya tentu. Dan biasanya tak mungkin lebih dari 30 menit. Usain Bolt pun, mungkin akan pingsan jika disuruh sprint selama itu. Tapi, tidak demikian dengan orang-orang Suku Tarahumara, mereka sanggup berlari cepat tanpa memperdulikan waktu.

Ya, mereka sudah sangat terbiasa melakukan aktivitas itu berhari-hari. Jadi, tak peduli siang ataupun malam, jika mereka masih berkehendak, maka kaki akan selalu siap dikayuhkan. Sebenarnya, kemampuan luar biasa ini hanya faktor kebiasaan saja. Tapi, kebiasaan orang-orang Suku Tarahumara bisa dibilang ekstrem, karena mereka terbiasa berlari sekitar 320 km dalam satu sesi saja.

- Hanya Bermodal Kaki Dan Sandal Sederhana

Para atlet pelari cepat bisa berlari kilat, salah satunya lantaran didukung oleh peralatan yang memadai. Mulai dari baju ringan, sampai sepatu berteknologi tinggi. Nah, jika pelari dunia kebanyakan seperti itu, ternyata jauh berbeda dengan orang-orang Suku Tarahumara. Ya, tanpa adanya pernak-pernik pendukung pun, mereka tetap bisa menunjukkan performa yang luar biasa.

Biasanya, mereka berlari hanya menggunakan sandal sederhana, yang sangat tipis. Bahkan para peneliti juga yakin, jika di masa lalu orang-orang Suku Tarahumara, terbiasa berlari tanpa alas kaki. Jika dibayangkan, tentu hal ini sangat menyakitkan. Track yang mereka lalui adalah gunung-gunung, yang sudah jelas areanya berbatu-batu, tapi orang-orang ini berlari seakan itu merupakan track yang mulus saja.

- Masyarakat Suku Tarahumara Berlari Untuk Hidup

Bukan tanpa alasan kenapa orang-orang Suku Tarahumara, bisa diberkahi kemampuan lari yang super menakjubkan. Ya, alasan utamanya adalah karena tanpa lari, mereka takkan bisa hidup. Orang-orang Suku Tarahumara, masih menganut sistem hidup kuno, di mana mereka harus berburu. Nah, untuk berburu tak cuma pakai senjata saja, tapi juga harus diimbangi dengan lari cepat.

Lari adalah cara hidup dan senjata terpenting orang-orang Suku Tarahumara. Tak hanya untuk berburu, tapi juga berbagai aspek penting lainnya, dalam kehidupan yang mereka jalani. Entah itu ketika melewati musim dingin yang kejam, mencari kayu bakar di hutan yang cukup jauh, bahkan berkirim pesan ke desa-desa lain, semua ini bisa diselesaikan dengan lari cepat. Setidaknya begitu menurut orang-orang Suku Tarahumara.

- Rahasia Menu Makan Orang-Orang Suku Tarahumara

Ada beberapa alasan kenapa orang-orang Suku Tarahumara bisa berlari cepat. Pertama karena mereka memang terlatih sejak kecil untuk itu, serta kedua adalah menu makan masyarakat Suku Tarahumara, yang cukup unik dan berbeda. Ya, untuk bisa berlari cepat, ternyata orang-orang suku ini, memiliki menu makanannya sendiri.

Menurut pria bernama Tony Ramirez, yang sudah meneliti suku ini dalam waktu yang cukup lama, ia menuturkan bahwa menu makan orang-orang Suku Tarahumara benar-benar unik. Mereka biasa memakan kacang-kacangan, labu, sayuran-sayuran hijau, dan juga tumbuhan biji bernama Chia. Sumber makanan ini, dikatakan sebagai penyebab orang-orang Suku Tarahumara, dapat berlari dengan cepat.

Tak hanya deretan jenis makanan unik, orang-orang Suku Tarahumara juga minum minuman khas buatan mereka sendiri, yang terbuat dari jagung, air gula, dan jeruk nipis. Ramuan tersebut juga dipercaya, sebagai asupan orang-orang Suku Tarahumara, untuk mampu melesat bak seekor Cheetah yang sedang mengejar mangsa.

Baca Juga : Fakta Menarik Ritual Suku Yanomami Mengonsumsi Abu Kremasi Anggota Sukunya

Itulah ulasan mengenai lima fakta menarik seputar Suku Tarahumara, suku yang memiliki kemampuan berlari luar biasa, sahabat sekalian. Kita mungkin mengira The Flash hanya ada di film atau komik saja. Nyatanya, manusia-manusia dengan kemampuan lari kilat itu, ternyata memang benar ada di dunia ini. Tak heran jika gara-gara kemampuan ini, Suku Tarahumara yang sebelumnya jarang diketahui, kini memiliki nama yang mentereng di dunia. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

Subscribe to receive free email updates: