Saat Puasa Sering Ngantuk?, Atasi Dengan Tiga Tips Berikut

Sahabat Saya Sekalian | Apabila ditanya, apa masalah utama yang dihadapi dalam pekerjaan, saat menjalani ibadah puasa?. Mungkin kamu akan menjawab rasa kantuk, sebagai salah satu masalah utama yang dihadapi, ketika bekerja dalam keadaan berpuasa seperti saat ini. Yah, rasa kantuk memang kerap menghampiri, mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa. 

Hal tersebut secara umum disebabkan, karena waktu tidur yang berkurang, akibat harus terbangun di malam hari untuk makan Sahur. Selain mudah mengantuk, badan pun akan terasa begitu lemas, serta konsentrasi pun akan mudah melemah. Semua itu dapat terjadi, karena tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman yang cukup, akibat pola waktu makan yang berubah. 

Dan itu semua dapat berimbas pada menurunnya produktivitas kerja kita. Akan tetapi jangan biarkan ibadah puasa, menjadi alasan untuk kamu bermalas-malasan dalam menjalani pekerjaan di tempat kerja. Tips-tips berikut mungkin akan berguna untuk mengusir rasa kantuk yang melanda. Kemudian timbul sebuah pertanyaan, memangnya tips-tips apa yang dimaksud disini?.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa tips agar tidak ngantuk di tempat kerja saat berpuasa. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai apa sajakah tips agar kita tetap prima di tempat kerja saat berpuasa?. Berikut ini ulasannya :

Saat Puasa Sering Ngantuk?, Atasi Dengan Tiga Tips Berikut

Baca Juga : Enam Perilaku Berikut Bisa Buat Kamu Tidak Dihargai Di Tempat Kerja

- Cari Kegiatan Agar Tetap Aktif Di Tempat Kerja

Biasanya apa yang kamu lakukan, untuk menjaga konsentrasi dan mencegah rasa kantuk, timbul di tempat kerja?. Mungkin jawabannya adalah, dengan minum secangkir kopi, dan mengonsumsi camilan. Namun, saat ini kita sedang berada dalam bulan suci Ramadhan, yang otomatis perkara seperti minum kopi harus ditinggalkan sementara waktu, karena kita berpuasa. 

Oleh karenanya kamu harus mencari kegiatan lain, yang dapat membuat pikiranmu tetap aktif, dan semangat pun tetap terjaga. Seperti halnya, kamu dapat mendengarkan musik yang berirama cepat serta dapat meningkatkan semangat, sehingga kamu dapat mengusir rasa kantuk yang dapat menerjang di tempat kerjamu kapan saja.

- Beristirahat Yang Cukup Dan Berkualitas

Supaya tubuh tetap segar dan tidak mudah lemas, sebaiknya kamu mengusahakan agar kebutuhan istirahat, yakni tidur selama delapan jam pada malam hari tetap terpenuhi. Kamu dapat menyiasatinya dengan memajukan waktu tidurmu. Namun, bagaimana jika kamu tetap merasa, bahwa tidur malammu masih belum mencukupi, atau rasa kantuk itu masih tetap menghampiri?. 

Kamu dapat menyiasatinya dengan mencuri-curi waktu di siang hari, untuk sekedar memjamkan mata selama kurang lebih setengah jam, agar tubuh dan pikiran kembali segar. Selain itu, kamu juga harus memastikan tidur yang kamu jalani berkualitas. Kamu dapat melakukan beberapa cara, seperti halnya mematikan peralatan elektronik, memasang lampu yang redup agar mata mudah terpejam, serta menata dan merapihkan tempat tidur senyaman mungkin.

- Tetap Berolahraga

Selama berpuasa kamu mungkin lebih memilih menghindari aktivitas fisik, karena kamu menganggap aktivitas seperti itu dapat menguras tenagamu, dan memicu rasa haus dan lapar. Tetapi tahukah kamu, bahwa ternyata olahraga tetap perlu kamu lakukan, meski kamu sedang berpuasa. Hal tersebut berguna untuk menjaga peredaran darah tetap lancar, sehingga tubuh kamu tidak mudah lemas dan mengantuk. Kamu dapat memilih jenis olahraga yang ringan, seperti halnya joging, bersepeda, yoga dan olahraga ringan lainnya.

Baca Juga : Enam Kebiasaan Buruk Berikut Dapat Membuatmu Kehilangan Pekerjaan

Itulah ulasan mengenai tiga tips agar kamu tidak ngantuk saat bekerja, selama menjalankan ibadah Puasa di bulan Ramadhan, sahabat sekalian. Hal tersebut dikarenakan, meskipun kamu sedang menjalankan ibadah Puasa, bukan berarti kamu terbebas dari rutinitas kewajiban di tempat kerja. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: