Inilah Empat Kebiasaan Unik Orang Indonesia Saat Bulan Ramadhan

Sahabat Saya Sekalian | Bulan suci Ramadhan, merupakan bulan yang dinanti-nanti kedatangannya oleh seluruh umat Muslim yang ada di dunia, bukan hanya di Indonesia. Biasanya pada bulan suci Ramadhan, umat Muslim berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, hal tersebut dikarenakan bulan Ramadhan merupakan bulan dimana pahala dilipat gandakan.

Bulan Ramadhan dapat disebut juga Syahrut Tarbiyah atau Bulan Pendidikan, yakni bulan dimana kita belajar, untuk menjaga kesehatan tubuh kita dengan makan secara teratur, mengendalikan hawa nafsu, dan belajar mengatur waktu bekerja dan beribadah. Sehingga, ketika masanya bulan ini selesai diharapkan umat Muslim, dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam segala bidangnya.

Selain itu semua, khususnya di Indonesia ada beberapa kebiasaan yang hanya dapat ditemukan, tatkala bulan Ramadhan tiba. Kemudian timbul sebuah pertanyaan, memangnya perkara-perkara apa sajakah di Indonesia, yang hanya bisa kita lihat tatkala bulan suci Ramadhan saja tersebut?. 

Nah berdasarkal hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa kebiasaan masyarakat Indonesia yang hanya ada di bulan Ramadhan. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai kebiasaan apa sajakah yang dimaksud?. Berikut ini ulasannya :

- Membangunkan Orang Untuk Sahur

Inilah Empat Kebiasaan Unik Orang Indonesia Saat Bulan Ramadhan

Kegiatan unik ini telah berlangsung sejak lama, dan sudah menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat Indonesia. Biasanya para warga yang membangunkan warga lainnya untuk sahur, berkeliling dengan membawa alat-alat, yang dapat menimbulkan suara yang cukup keras seperti kentongan, galon, bedug dan lain sebagainya. Selain menggunakan alat-alat tersebut, orang-orang tersebut akan berkeliling, sambil meneriakan kata -kata "sahur... sahur...". 

- Ngabuburit

Inilah Empat Kebiasaan Unik Orang Indonesia Saat Bulan Ramadhan

Aktivitas ngabuburit atau jalan-jalan sembari menunggu datangnya waktu berbuka, sebenarnya lebih dikenal di daerah Jawa Barat. Biasanya, kegiatan ngabuburit ini diisi dengan mencari takjil, atau makanan untuk berbuka. Oleh sebab itu, di bulan suci Ramadhan biasanya banyak sekali bermunculan penjual takjil, yang menjajakan jualannya saat menjelang waktu berbuka.

- Buka Bersama

Inilah Empat Kebiasaan Unik Orang Indonesia Saat Bulan Ramadhan

Kegiatan yang biasa disebut dengan BukBer ini, memang sudah menjadi kebiasaan tersendiri bagi orang Indonesia. Selain itu, BukBer juga memiliki fungsi sebagai ajang silaturahmi sesama muslim. Tetapi layaknya reuni, kebanyakan BukBer dilakukan oleh sekelompok orang yang sudah memiliki hubungan pertemanan, tapi sudah lama tidak bertemu dlam waktu yang lama. Seperti halnya teman SD, teman SMP, teman SMA, atau teman Kuliah.

- Meningkatnya Penukaran Uang

Inilah Empat Kebiasaan Unik Orang Indonesia Saat Bulan Ramadhan

Pada bulan suci Ramadhan, permintaan akan uang baru meningkat pesat. Adapun tujuan penukaran uang baru tersebut, untuk memberi kepada sanak keluarga maupun para tamu. Fenomena ini, hanya terjadi pada bulan suci Ramadhan, terlebih ketika mendekati Lebaran. 

Sehingga, pada bulan suci Ramadhan sering kali bermunculan jasa penukaran uang baru, biasanya pecahan Rp. 5.000 hingga Rp. 20.000. Pengguna jasa penukaran uang baru ini, sebagian besar merupakan orang-orang yang berencana untuk pulang ke kampung halamannya, atau lebih dikenal dengan istilah mudik.

Baca Juga : Inilah Empat Kebiasaan Unik Orang Indonesia Saat Bulan Ramadhan

Itulah ulasan mengenai empat kebiasaan orang Indonesia, yang hanya bisa kamu temui di bulan Ramadhan, sahabat sekalian. Mungkin di negara-negara lain yang mayoritas penduduknya adalam Muslim, juga terdapat banyak kebiasaan-kebiasaan unik, yang hanya dapat di temukan di bulan Ramadhan namun belum kita ketahui. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: