Empat Metode Sederhana Yang Efektif Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Sahabat Saya Sekalian | Umat Muslim di seluruh dunia, saat ini sedang mengisi bulan suci Ramadhan, dengan berbagai macam peribadahan. Seperti halnya Shalat 5 waktu sudah pasti, Puasa dari Subuh hingga Senja, melatih pengendalian diri, dan Tarawih di malam hari. Sehingga selama kurang lebih satu bulan lamanya, kaum muslimin di seluruh dunia akan disibukan, dengan beragam kegiatan peribadahan tersebut.

Selama bulan Ramadhan, umat Muslim tidak makan atau minum air sepanjang siang. Dan tidak perlu dikatakan lagi bahwa puasa sepanjang hari, merupakan hal yang sedikit menantang, terutama karena beragam masalah yang menyertainya. Salah satu masalah, yang sering muncul ketika seorang muslim berpuasa, ialah masalah bau mulut. 

Bau mulut dapat terjadi akibat kurangnya asupan makanan dan minuman, dan bau tidak sedap dari mulut seseorang dapat menjadi penyebab kurangnya percaya diri. Nah oleh sebab itu, pada pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa tips atau metode yang efektif untuk mencegah bau mulut tanpa mempengaruhi Puasa yang kamu jalani.

Sejak berabad-abad lamanya, orang-orang telah menggunakan metode-metode ini. Namun tidak usah khawatir, karena metode-metode ini cukup ampuh untuk mengatasi masalah bau mulut yang kamu hadapi, sehingga kamu dapat menjalankan ibadah Puasa di bulan suci Ramadhan seperti yang seharusnya. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Enam Cara Membuat Perubahan Positif Selama Bulan Suci Ramadhan

- Perbanyak Minum Air Pada Saat Sahur

Empat Metode Sederhana Yang Efektif Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Minum sedikitnya dua hingga tiga gelas air sebelum fajar, hal ini dapat berpengaruh banyak, untuk mencegah bau mulut selama menjalankan puasa. Dengan minum banyak air, mulut kamu tidak akan kering, sehingga napas pun tidak akan berbau. Hal sederhana ini pun dapat memberi manfaat baik untuk kesehatanmu secara keseluruhan. Dan pada saat berbuka, kamu juga harus minum air secukupnya, untuk menjaga tubuhmu agar terhindar dari dehidrasi.

- Menggososk Gigi Setiap Selesai Makan

Empat Metode Sederhana Yang Efektif Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Ini merupakan metode yang sederhana, namun sangat ampuh untuk mencegah perkembangan bakteri, yang dapat menyebabkan bau mulut. Ketika sisa-sisa makanan dalam mulut kita bercampur dengan bakteri, hal tersebut dapat membuat mulut kita menjadi bau. Itulah sebabnya, mengapa kamu harus menggosok gigi setidaknya dua jam setelah selesai makan, terutama ketika kamu sedang menjalankan ibadah Puasa.

- Bersihkan Lidah Sedikitnya Dua Kali Sehari

Empat Metode Sederhana Yang Efektif Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Trik satu ini sangat efektif untuk mencegah timbulnya masalah bau mulut. Gunakan pembersih lidah setidaknya dua kali dalam sehari, untuk menghilangkan plak dalam mulut dan mencegah serta mengatasi bau mulut.

- Gunakan Obat Kumur Antibakteri

Empat Metode Sederhana Yang Efektif Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Kurangnya air liur serta keringnya mulut, menjadi salah satu penyebab utama, timbulnya bau mulut. Nah dengan berkumur menggunakan obat kumur antibakteri, akan menghentikan bakteri dalam rongga mulut dalam memproduksi bau yang kurang sedap, sehingga kamu dapat terhindar dari bau mulut.

Baca Juga : Saat Puasa Sering Ngantuk?, Atasi Dengan Tiga Tips Berikut

Itulah ulasan mengenai empat metode sederhana yang efektif untuk mencegah bau mulut, sahabat sekalian. Meskipun metode-metode tersebut cukup sederhana, namun hasilnya cukup efektif tidak hanya untuk menghilangkan, tetapi juga mencegah bau mulut datang kembali. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: