Empat Prediksi Yang Dilontarkan Steve Jobs Dan Kini Terbukti Benar Adanya

Lorongperihal.xyz | Dalam beberapa tahun terakhir ini, komputer memang memegang peranan yang sangat penting, dalam kehidupan kehidupan yang dijalani setiap individu. Benda elektronik ini, begitu dekat dengan segala profesi. Mulai dari pebisnis, pekerja kantoran, bahkan hingga masyarakat biasa sekali pun.

Ternyata, fenomena semacam ini pernah diprediksikan oleh pendiri Apple, Steve Jobs, sejak kurang lebih tiga dekade silam.

Komputer tak hanya alat yang mengagumkan yang pernah kita temui. Alat ini bisa berupa alat menulis, pusat komunikasi, superkalkulator, perencana, filler, dan instrumen artistik. Semuanya menyatu. Kita hanya memberinya instruksi baru atau perangkat lunak,” kata Steve Jobs dalam sebuah wawancara kepada Playboy pada 1985 silam.

Bahkan Steve Jobs juga, telah memprediksi sedikitnya empat hal, yang dapat kita lakukan dengan komputer. Adapun empat hal yang diprediksikan Steve Jobs tersebut ialah sebagai berikut :

Empat Prediksi Yang Dilontarkan Steve Jobs Dan Kini Terbukti Benar Adanya

- Komputer Dapat Dipakai Untuk Bersenang-Senang

Pada tahun 1985, Apple sudah merilis empat model komputer, yakni Apple I, Apple II, Lisa, dan Macintos. Model-model ini ditujukan untuk pendidikan di sekolah-sekolah.

Anda benar-benar dapat melakukan hal yang lebih baik dan lebih baik lagi, dan Anda dapat melakukan banyak hal untuk meningkatkan produktivitas, dengan menggunakan komputer.” kata Steve Jobs.

Pada tahun 1984, hanya 8 persen rumah tangga di Amerika Serikat yang memiliki komputer. Angka ini didasarkan pada hasil sensus yang dijalankan US Cencus Bureau. Akan tetapi pada tahun 2000, jumlah rumah tangga pemilik komputer menjadi 51 persen. Sedangkan pada tahun 2017, rata-rata rumah tangga memiliki komputer.

- Menggunakan Komputer Untuk Saling Terhubung

Steve Jobs memprediksikan, bahwa komputer akan lebih sering digunakan untuk hal-hal di luar bisnis, yaitu konektivitas atau berkomunikasi. Dia memprediksikan, bahwa internet akan berkembang pesat, dan membuat semua orang di dunia dapat terhubung.

- Komputer Akan Memiliki Mouse

Pengguna komputer, kerap menggunakan alat bantu berupa Mouse, dalam mengoperasikan komputer miliknya. Namun pada zaman dulu, komputer tak selalu dioperasikan dengan Mouse. Sebelum Apple memperkenalkan Lisa dan Macintos, komputer dikendalikan dengan papan kunci. Dan Steve Jobs mengatakan, bahwa Mouse akan mempermudah pengguna, dalam mengoperasikan komputernya.

Ini jauh lebih cepat untuk melakukan semua jenis, seperti memotong dan menempel dengan mouse. Ini tak hanya lebih mudah, tetapi lebih efisien,” kata dia.

- Persaingan Software Semakin Ketat Dan Hardware Dimonopoli

Pada tahun 1985, Steve Jobs memprediksi hanya sedikit perusahaan yang memproduksi hardware. Di sisi lain produsen software sangat banyak.

Untuk memproduksi komputer, persaingan akan terjadi di Apple dan IBM. Saya tidak berpikir tiga-empat perusahaan atau enam-tujuh perusahaan yang akan memproduksi komputer. Saya berpikir inovasi banyak dilakukan di software, bukan hardware,” punykasnya.

Untuk di pasar software, Apple bersaing dengan Microsoft dan Google. Sementara di pasar hardware, produsen teknologi seperti Samsung, Dell, dan Lenovo saling bersaing.

Nah, itulah sedikitnya empat prediksi yang pernah dilontarkan Steve Jobs mengenai komputer, dan ternyata hal tersebut kini terbukti benar adanya. Terlepas dari prediksi-prediksi tersebut, memanglah komputer menjadi salah satu bagian penting dalam menjalani kehidupan, dimana berbagai aspek kehidupan kita dapat lebih mudah dijalani dengan bantuan komputer.

Subscribe to receive free email updates: